Bg

UKK Racana IAIN Surakarta Adakan Diklat untuk Anggota Baru

Diterbitkan tanggal 27 September 2018

SINAR- UKM Pramuka IAIN Surakarta yang bernama Racana Raden Mas Said-Nyi Ageng Serang mengadakan pendidikan dan pelatihan (diklat) untuk anggota baru. Acara yang berjudul Orientasi Kepramukaan (RISKA) XXII Racana Raden Mas Said-Nyi Ageng Serang ini berlangsung selama empat hari dari Kamis-Minggu (27-30/9). Pembukaan berupa upacara dilakukan pada Kamis (27/9) di Lapangan Futsal IAIN Surakarta.

Diklat ke XXII ini rencananya akan dibagi dalam dua sesi, yaitu sesi materi atau teori yang diadakan di kampus dan sesi praktek yang diadakan di luar kampus. Sesi pertama, materi umum diadakan setelah upacara pembukaan sampai petang. Dilanjutkan materi ruang di Gedung Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) sampai pukul 10 malam. Materi ruang meliputi yaitu: managemen packing, dinamika kelompok, adat dan sejarah racana, dan keracanaan. Sementara sesi kedua, praktik dari materi ruang, akan dilaksanakan keesokan harinya pada Jumat (28/9) di Dukuh Giribangun Desa Karangbangun RT 01 RW 01, Matesih, Karanganyar.

Pembina Racana Raden Mas Said-Nyi Ageng Serang, Hery Setiyana berpesan kepada calon anggota baru bahwa para calon anggota harus memperkuat rasa nasionalisme, memegang teguh nilai-nilai karakter yang tercermin dalam Tri Satya Dasa Dharma, serta beliau berharap anggota Racana bisa menjadi mahasiswa yang berprestasi, baik dalam segi akademik maupun non akademik.

Calon anggota baru yang akan dilantik di  RISKA ke-22 ini berjumlah 38 peserta, 30 putri dan 8 putra. Rata-rata dari semester satu. Setelah diklat pendidikan selama empat hari ini, para peserta akan dilantik menjadi Pandeka Tamu dua minggu setelahnya. Selain itu, RISKA ke-22 ini bertujuan untuk merekrut anggota baru yang berminat di kepramukaan sekaligus mengenalkan sistematika kepramukaan yang ada di perguruan tinggi. (JnR-MgNrL/Humas Publikasi) #BanggaIAINSurakarta #SuksesAPT-A

Komentar ditutup.