Bg

UKM Racana Mengadakan Kursus Pembina Pramuka

Diterbitkan tanggal 26 November 2015

SINAR – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Racana Raden Mas Said-Nyi Ageng Serang Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta mengadakan kegiatan kursus pembina pramuka mahir tingkat dasar, Pusdiklatcab Sukoharjo, selama sepekan, Senin- Sabtu (23-28/11) di lingkungan IAIN Surakarta.

Racana PelatihanKursus ini bertujuan untuk membentuk pembina pramuka yang cerdas, santun, dan berdaya saing global. Sebagaimana disampaikan koordinator kerja, Ainur Rofiq bahwa kursus ini diikuti oleh 180 orang terdiri dari 43 putra dan 137 putri. Mereka berasal dari Racana Sahabat atau dari kampus tetangga, mahasiswa Bidikmisi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), mahasiswa anggota UKM Racana Raden Mas Said, dan para pembina pramuka dari luar IAIN Surakarta wilayah Sukoharjo.

Kak Haryanto selaku ketua Kwarcab Sukoharjo dalam sambutannya menekankan pada pentingnya berorientasi pada sebuah proses bukan hasil. Yang ditakutkan adalah saat seseorang berorientasi pada hasil maka akan menghalalkan segala cara. Menurutnya kegiatan pramuka adalah kegiatan yang dapat membantu merevolusi mental generasi muda dengan cepat. Pramuka memiliki peran penting dalam membentuk pribadi yang baik. Selain itu, sangat diharapkan melalui kegiatan pramuka akan memberikan output berupa generasi muda yang berkarakter, tangguh, dan berakhlak baik.

Senada dengan Kak Haryanto, Wakil rektor III, Dr. Syamsul Bakri sangat mengapresiasi adanya kegiatan kursus pembina pramuka. Menurutnya pramuka adalah bagian dari Islam yang tidak terpisahkan. Pramuka akan banyak celah untuk melaksanakan kegiatan dakwah Islam. “Saya berharap pramuka di IAIN Surakarta dapat berkembang dengan baik, dan akan kami usulkan agar pramuka menjadi Unit Kegiatan Khusus (UKK) tidak lagi UKM,” pungkas beliau yang disambut dengan tepuk tangan yang sangat meriah. (Humas dan Publikasi)

Komentar ditutup.