Bg

Webinar UKK Racana Raden Mas Said-Nyi Ageng Serang UIN Raden Mas Said Surakarta

Diterbitkan tanggal 10 Juni 2021


SINAR- Kamis, 10 Juni 2021. Alhamdulillah Unit Kegiatan Khusus (UKK) Racana Raden Mas Said-Nyi Ageng Serang IAIN Surakarta melangsungkan kegiatan Webinar dengan tema “Moderasi Beragama Meningkatkan Toleransi Dalam Kehidupan Bernegara”. Kegiatan tersebut di Narasumberi oleh Kak Dr. H. Syamsul Bakri, M.Ag. selaku Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Raden Mas Said Surakarta dan Aiptu Irwan Wahyudi, S.Sos., M.Si. dari Polres Sukoharjo.  Kegiatan Webinar berlangsung di Graha UIN Raden Mas Said Surakarta dengan dihadiri oleh Wakil Rektor III UIN Raden Mas Said Surakarta dan juga para pembina UKK Racana Racana Raden Mas Said-Nyi Ageng Serang. Selain itu juga dihadiri sebagian Pengurus dan Anggota Racana Raden Mas Said-Nyi Ageng Serang dan juga peserta Webinar lainya yang menyaksikan melalui Zoom Meeting.

Webinar tersebut dimulai pada pukul 09.50 WIB, dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Quran yang dibacakan  oleh salah satu Anggota Racana. Dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Sebelum masuk ke acara inti terdapat hiburan yang berupa penampilan Hadrah dari Anggota Racana. Kemudian dilanjutkan ke acara inti Webinar.

Dalam kegiatan Webinar tersebut, pemateri pertama yaitu Aiptu Irwan Wahyudi, S.Sos., M.Si. menyampaikan bahwa “Dalam memahami suatu agama jangan hanya terfokus pada satu sumber namun juga harus berfokus pada sumber-sumber yang lain sebagai pembanding”. Pemateri kedua yaitu Kak Dr. H. Syamsul Bakri, M.Ag. menyampaikan beberapa pesan untuk peserta Webinar yaitu “Pahami tentang radikalisme, seorang sufi diharuskan radikal untuk internal dirinya dan toleran untuk eksternal, yang sebaliknya yang salah” pesan tersebut sangat bermanfaat jika diterapkan dalam kehidupan sehari-hari peserta Webinar agar nantinya tetap menjadi manusia yang beragama dan moderat.

Kegiatan diakhiri dengan do’a yang dibawakan oleh Pemangku Adat Racana Raden Mas Said-Nyi Ageng Serang UIN Raden Mas Said Surakarta. Kegiatan Webinar selesai pada pukul 12.20 WIB. (Gie/ Humas Publikasi)

Sumber: UKK Racana

Komentar ditutup.