Bg

Workshop Peningkatan Kompetensi Dosen Bahasa Arab dan Inggris

Diterbitkan tanggal 22 Juni 2015

SINAR – Pusat Pengembangan Bahasa (PPB) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta, Senin-Selasa (15-16/6), mengadakan workshop peningkatan kompetensi dosen bahasa Arab dan Inggris. Workshop kali ini mendatangkan narasumber yang sangat kompeten di bidang tes kebahasaan dari Universitas Sebelas Maret Surakarta, yakni Yusuf Kurniawan, S.S.,M.A

workshop peningkatan dosen bahasa arab PPBKepala PPB, Drs. Abdullah Faishol, M. Hum menyampaikan bahwa workshop ini difokuskan pada bagaimana cara membuat tes standard. Tes tersebut akan digunakan bagi mahasiswa baru yang akan tergabung dalam kelas praktikum 1 pada tahun ajaran 2015/2016 yang berkisar 2500 peserta.

Selanjutnya, Wakil Rektor I, Dr. Mudhofir Abdulllah dalam sambutannya mengatakan bahwa IAIN Surakarta mutlak harus mengajarkan bahasa Arab dan bahasa Inggris yang merupakan bahasa global. “IAIN Surakarta ini merupakan bagian dari Indonesia dan Indonesia merupakan bagian dari ASEAN. Artinya kita tergabung dalam Masyarakat Ekonomi Asean yang harus mampu bertransaksi dengan bahasa global. Untuk konteks ini maka bahasa Inggris dianggap sebagai bahasa global. IAIN Surakarta mutlak harus mengajarkannya,” terang Mudhofir.

“Jangan sampai Indonesia dan Islam menjadi inferior karena apa-apa distandardisasikan dengan Barat,” lanjutnya. Di sini para dosen akan menjadi agen untuk membentuk apa yang disebut dengan English Student forum, agar mahasiswa terbiasa berbicara dengan bahasa global tersebut dengan baik dan benar. “Saya harap, dengan adanya pembicara dari luar (red. Yusuf Kurniawan) dapat membuka perspektif baru untuk meningkatkan kualitas para dosen bahasa,” pungkasnya. (yin)

Komentar ditutup.