Bg

Workshop Peningkatan Kompetensi Pedagogik Dosen

Diterbitkan tanggal 25 Oktober 2017

SINAR- IAIN Surakata kembali mengadakan kegiatan penguatan kemampuan pedagogik bagi para dosen. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh IAIN Surakarta untuk meningkatkan kemampuan para dosen dalam memberikan pelayanan dan pengajaran bagi para mahasiswa.

Pelatihan kali ini bertempat di Abadi Hotel Jogjakarta selama tiga hari mulai tanggal 25-27 Oktober 2017.  Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor, Dr. H. Mudofir, M.Pd., dan Wakil Rektor 1, Dr.H. Abdul Matin Bin Salman, Lc. M.Ag.,  dan diikuti oleh 40 dosen tetap non-PNS dan 10 dosen PNS.

Dalam sambutannya, Dr. Matin menyatakan bahwa acara ini diadakan dalam rangka meningkatkan mutu dan pengembangan di bidang pelayanan dan pengajaran bagi mahasiswa IAIN Surakarta. Dr. Matin juga menyatakan bahwa mahasiswa IAIN Surakarta terdiri dari mahasiswa yang beragama, yang berasal dari berbagai macam latar belakang yang berbeda, termasuk juga terdapat mahasiswa difable yang harus dihadapi dengan penuh dedikasi dan kesabaran. Metode pembelajaranpun harus variatif agar tidak membosankan.

Sedangkan Dr. Mudofir dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan yang positif ini. Beliau menjelaskan bahwa proses pengajaran itu tidak hanya transfer of knowledge tetapi juga mentransfer nilai (transfer of values). Transfer nilai inilah yang harus ditekankan ketika mengajar. Yang dibutuhkan oleh mahasiswa adalah motivasi dan semangat untuk belajar. Ketika mahasiswa sudah memiliki motivasi diri untuk belajar, maka dengan sendirinya mahasiswa tersebut akan semangat dalam belajar dan sukses dalam menjalani karir pendidikannya. Setelah memberikan sambutan, Dr. Mudofir secara resmi membuka acara tersebut dengan bacaan basmalah disambut tepuk tangan para peserta.
Acara ini menghadirkan beberapa narasumber yang berkompeten di bidangnya masing-masing. Di antaranya adalah Mustaghfirah Rahayu, M.A., salah satu peneliti UGM yang banyak berbicara tentang sensitifitas gender. Siti Nur Hidayah, M.A berbagi tentang berbagai strategi pembelajaran berbasis student center learning (SCL). Pemateri terakhir adalah Dr. Imam Machali, M.Pd. pakar strategi pembelajaran kreaktif yang akan banyak berbicara tentang teori dan praktek serta simulasi tentang strategi pembelajaran kreatif.

Diharapkan dengan pelatihan ini, para dosen memiliki semangat baru dan metode pengajaran yang variatif serta inovatif sehingga proses pembelajaran di kampus bisa terlaksana dengan nyaman, menyenangkan dan maksimal. (Gie/Humas dan Publikasi) #BanggaIAINSurakarta
Sumber: Abd. Halim

Komentar ditutup.