Bg

Workshop Peningkatan Mutu UMKM Melalui Penerapan Sistem Jaminan Halal

Diterbitkan tanggal 22 Oktober 2021

SINAR-Dalam rangka mendukung peningkatan mutu UMKM, Kamis (21/10), Pusat studi halal (Center for Halal Research-CHR) di bawah naungan LPPM UIN Raden Mas Said Surakarta mengadakan kegiatan, dengan tema ‘Workshop Peningkatan Mutu UMKM Melalui Penerapan Sistem Jaminan Halal’.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan seminar yang diadakan tahun sebelumnya. Acara dihadiri oleh para pemilik UMKM di sekitar kampus dan mahasiswa yang memiliki yang memiliki UMKM, dengan menghadirkan dua pembicara, yaitu Indri Indrawan, S.TP., M.Si. dan Agam Gumawang, S.TP.

Moh Taufik, S.TP., M.Si., selaku ketua CHR, mengatakan bahwa output dari kegiatan ini adalah kesiapan pemilik UMKM untuk mengajukan sertifikasi halal, terlihat dari terisinya syarat Perizinan Industri Rumah Tangga (PIRT) dan manual halal.

Lebih lanjut, Dr. Imam Makruf, S.Ag., M.Pd. selaku Wakil Rektor Bidang Akademik menyampaikan pentingnya kegiatan ini, karena aspek kehalalan suatu produk merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Beliau juga menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu wujud kontribusi pusat studi di UIN Raden Mas Said Surakarta dalam mengkaji hal-hal yang bersifat inovatif dan bermanfaat serta dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat.

Pada kesempatan tersebut Dr. Imam Makruf sekaligus membuka launching buku ‘Tinjauan Perspektif Halal: Teknologi Vaksin Hingga Gaya Hidup’ yang ditulis oleh para dosen yang tergabung dalam CHR.

Indri Indrawan, S.TP., M.Si., dalam paparannya membahas tentang good manufacturing practice (GMP), persyaratan izin edar produk pangan olahan, dan sertifikat laik higiene sanitasi jasaboga (SLHSJ).  Adapun pembicara kedua, yaitu Agam Gumawang, S.TP. menyampaikan tentang sistem jaminan halal dan implementasinya. Acara dilanjutkan dengan pengisian PIRT dan manual halal oleh peserta dengan didampingi oleh anggota CHR.

Di akhir kegiatan, Moh Taufik, S.TP., M.Si. menyampaikan bahwa CHR UIN Raden Mas Said Surakarta siap mendampingi peserta yang sudah siap untuk pengajuan sertifikasi halal. (Gus/Humas Publikasi)

Komentar ditutup.