Bg

Tingkatkan Kemampuan Menulis Esai dan Menerbitkan Buku Bagi Mahasiswa

Diterbitkan tanggal 25 November 2016

SINAR- Kemampuan menulis esai dan menuangkan gagasan-pikiran dalam sebuah buku adalah hal yang sangat penting bagi seorang akademisi khususnya mahasiswa perguruan tinggi. Berdasarkan hal itu maka sub bagian kemahasiswaan dan kerjasama Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta gelar workshop menulis esai dan penerbitan buku bekerjasama dengan Solopos di aula gedung rektorat lantai 4, Jum’at-Sabtu (25-26/11).

Dr. Syamsul Bakri, M.Ag wakil rector bidang kemahasiswaan dan kerjasama dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelatihan menulis ini sangatlah baik karena pelatihan ini hasilnya jelas dan produknya jelas. Produknya dari pelatihan ini adalah esai-esai dari mahasiswa bidikmisi yang nanti dipublikasikan oleh solopos. Lanjutnya lagi bahwa penulisan adalah slah satu bagian dari intelektual ability yang harus dimiliki oleh mahasiswa. selain itu mahasiswa juga harus memiliki kegemaran terhadap ilmu seperti seneng membaca, memiliki pisau analisa (perspektif), memiliki kemampuan untuk menulis karena bagian dari kecakapan intelektual dimana gagasan harus dituliskan, mampu mentransformasikan ilmu yang dimiliki terhadap perubahan social di masyarakat. Tambahnya lagi Dr. Syamsul menekankan bahwa dalam menulis, mahasiswa harus mengangkat  tema yang menarik minimal menarik bagi penulis itu sendiri. Tema juga harus problematic dan mengikuti dinamika yang berkembang.

Workshop dengan tema “Bunga Rampai Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidikmisi Iain Surakarta Tahun 2013” ini diikuti oleh 40 mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi tahun 2013. Acara ini dibimbing langsung oleh para ahli dari media masa dan penerbitan. Sebagai narasumber dihadirkan dua tentor dari solopos yaitu Syaifaul Arifin dan Ichwan Prasetyo. Yang akan memandu dan melatih para peserta agar terbiasa menulis esai serta mampu memanen ide tulisan dan bahan esai yang ada disekitar, peserta juga akan mampu memahami pengertian esai dan teknik menulis esai dan diakhir workshop ini peserta juga mampu untuk mengevaluasi serta bedah karya esai yang telah dibuat baik karyanya sendiri maupun karya peserta lain.

 

Komentar ditutup.