Bg

Workshop Tilawatil Qur’an Nasional UKM JQH Al-Wusta IAIN Surakarta

Diterbitkan tanggal 9 April 2015

SINAR – Harmoni Bersama Al-Qur’an menjadi tema yang diusung oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) JQH Al-Wustha, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta dalam Workshop Tilwatil Qur’an, Rabu (8/4). Workshop yang dihadiri 50-an peserta ini turut menghadirkan qori’ nasional yakni, Muhammad Nur dan Siti Mutmainah sebagai narasumber.

workshop tilawatil quran JQH 08042015Workshop ini terbagi menjadi dua sesi, pertama berkaitan dengan materi dasar yang disampaikan oleh Muhammad Nur, dan sesi selanjutnya adalah praktek tilawatil qur’an yang dipandu oleh Siti Mutmainah selaku narasumber ke dua.

Kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan atau meningkatkan kecintaan terhadap Al-Qur’an. Tidak hanya bisa membaca saja, tetapi juga bisa memahami dan mengamalkan isi yang terkandung dalam Al-Qur’an, ungkap Wahyu Nurhidayat, ketua panitia.

Sementara itu, M. Nur dalam materinya memaparkan At-Tilawah dikhususkan untuk mengikuti kitabullah dengan membaca (qira’ah) dan mematuhi (irtisâm) kandungannya baik perintah, larangan, motivasi atau ancaman. Jadi at-tilawah itu lebih khusus dari qira’ah, setiap tilawah adalah qira’ah, tetapi tidak setiap qira’ah adalah tilawah. Jadi, dapat disimpulkan pengertian tilawah secara istilah adalah membaca dan memahami isi kandungan Al-Qur’an serta memahaminya.

Rektor IAIN Surakarta yang diwakili Drs. Yusup Rohmadi, M.Hum selaku Wakil Rektor bidang kemahasiswaan dan kerjasama memberikan apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya kegiatan ini. Dengan terselenggaranya kegiatan ini diharapkan akan terlahir qori’ baru di IAIN Surakarta, yang kedepan semakin mengharumkan nama baik kampus dan yang bersangkutan. (Mahendra)

Komentar ditutup.