Bg

IAIN SURAKARTA BERSIAP GO INTERNATIONAL

Diterbitkan tanggal 5 September 2016

SINAR– Guna menguatkan lembaga dan kerjasama serta meningkatkan program kerjasama dengan lembaga internasional dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat, maka IAIN Surakarta membentuk IAIN Surakarta International Office (ISIO). Keberadaan ISIO dirasa sangat diperlukan bagi IAIN Surakarta untuk menuju World Class University (WCU) sebagai sarana program kerjasama dengan lembaga internasional.

Dengan turunnya Surat Keputusan (SK) Rektor Nomor 276 Tahun 2016, maka  ISIO resmi berdiri dengan visi terwujudnya internasionalisasi IAIN Surakarta. ISIO ada untuk membantu tugas Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, dalam pengembangan lembaga dan kerjasama dengan luar negeri serta urusan keiimigrasian.

Lembaga non struktural yang dikepalai oleh Dr. Aris Widodo memiliki empat divisi penting, yaitu Divisi Legal and  Governance, Divisi Banchmarking, Divisi Partnership, Divisi Staff Development, dan Divisi Student Services.  Dengan tugas yang diemban oleh masing-masing divisi, secara umum umum ISIO bertujuan untuk menggerakkan internasionalisasi pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat IAIN Surakarta. Selain itu, juga untuk mengembangkan jejaring dan kerjasama IAIN Surakarta dengan lembaga-lemaga bertaraf internasional, sekaligus  untuk meningkatkan pencitraan publik IAIN Surakrta di tingkat internasional.

Jumat (2/9) menjadi pertemuan perdana antara Dr. Syamsul Bakri, Wakil Rektor Kemahasiswaan dan Kerjasama dan Kepala Biro dengan para pengelola ISIO. Dalam diskusi kecil tersebut dilaksanakan brainstrorming dan pembuatan roadmap terkait langkah-langkah untuk mencapai IAIN Surakarta Go International.

“ISIO sudah merupakan keharusan institusional terkait dengan upaya melakukan kerjasama dengan institusi internasioal. Tujuan utama ISIO adalah untuk internasionalisasi IAIN Surakarta agar kampus ini  bisa survive di tengah dinamika pendidikan di dunia, maka ISIO menjadi mutlak. Ke depan, ISIO akan menjalin kerjasama secara mutualistik di berbagai bidang dengan lembaga di luar negeri, ” papar Dr. Syamsul Bakri. (Yin/ Humas Publikasi) #BanggaIAINSurakarta

Komentar ditutup.