Bg

Kejar publikasi international: IAIN Surakarta gelar Workshop Academic Writing

Diterbitkan tanggal 15 September 2016

SINAR– Demi kejar publikasi di jurnal – jurnal internasional bagi civitas akademika Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta, Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga menggelar workshop penulisan karya tulis ilmiah berbasis jurnal di Hotel Lor In Solo, Kamis (15/09).

Workshop yang diikuti oleh 73 peserta ini dihadiri tidak hanya dari IAIN Surakarta saja, akan tetapi dari beberapa perguruan tinggi di Jawa Tengah dan Yogykarta juga seperti STABN Wonogiri, STAIN Pekalongan, IAIN Purwokerto, STAIN Kudus, UNS, UMS dan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Dr. H. Abdul Matin bin Salman, M.Ag. menyatakan dalam sambutannya bahwa instrumen agama sangatlah penting peranannya dalam kehidupan sosial masyarakat. Banyak hal yang tidak bisa diselesaikan oleh pendekatan-pendekatan lain, tetapi hal itu bisa diselesaikan dengan pendekatan agama. Sehingga para akademisi yang berkecimpung dibidang agama harus yakin bahwa ide-ide dan juga gagasan mengenai keagamaan harus selalu terpublikasikan dengan luas, karena itu bisa ditiru dan diaplikasikan oleh orang lain.

Lanjutnya lagi Abdul Matin mengatakan bahwa mungkin tidak salah juga kritik banyak pihak bahwa STAIN, IAIN dan UIN itu berkarat, tidak up to date. Karena tidak bisa memberikan kontribusi yang nyata terhadap masyarakat khususnya pendidikan islam. Hal ini mungkin disebabkan karena banyak akademisi yang melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat tapi hal itu tidak dipublikasikan, sehingga gagasan dan ide-ide cemerlang itu tidak bisa ditiru orang lain. IAIN dan UIN sebenarnya memiliki penelitian dan potensi yang bagus, pengabdian masyarakat dengan instrumen keagamaannya juga tidak kalah. Sehingga dengan acara ini diharapkan ke depannya ide-ide dan gagasan yang bagus itu bisa dipublikasikan dengan luas.

Hadir sebagai narasumber pada workshop itu Ahmad Ali Nurdin Ph.D dari UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang membahas mengenai “Bagaimana mentransformasikan laporan riset menjadi artikel jurnal berkualitas” serta Falik Isbah, Ph.D research associate, the university of new south wales (UNSW) Canberra, Australia dengan bahasan “Bagaimana membangun judul dan abstrak yang menggigit”.

Komentar ditutup.