Bg

KKN IAIN Surakarta Datang, Kripik Daun Jambu Jadi Produk Unggulan Desa

Diterbitkan tanggal 29 Juli 2019

SINAR- Mahasiswa KKN IAIN Surakarta kelompok 11 & 12 menghasilkan produk dari potensi Desa Nglegok, Ngargoyoso, Karanganyar. Sebanyak 1341 mahasiswa tersebar di Kabupaten Karanganyar, salah satunya kelompok 11 & 12 yang mengabdi di Desa Nglegok, Ngargoyoso, Karanganyar. Selain diwajibkan riset di masjid, mahasiswa juga diharuskan membuat produk hasil dari potensi desa. Di Desa Nglegok terdapat dua kelompok yaitu kelompok 11 dan 12.

Kelompok 11 memiliki produk Kripik daun jambu, dimana daun jambu sendiri memiliki banyak manfaat mulai dari untuk mencegah diare, mengatasi sembelit, mengatasi diabetes. Di Desa Nglegok sendiri terdapat banyak petani jambu merah, selama ini masyarakat hanya memanfaatkan buahnya saja, daunnya tidak digunakan, harapannya dengan adanya ide baru dapat membantu masyarakat mengembangkan usaha melalui Kripik Daun Jambu.

Sedangkan kelompok 12 mempunyai dua produk, Gabin Tape dan Jus Tape yang didalamnya memiliki banyak khasiat yaitu baik untuk pencernaan, mengontrol tekanan darah, dan mencegah anemia. Di Desa Nglegok singkong merupakan tanaman ubi-ubian yang biasa ditanam warga di pekarangan rumah, dan ladang. Ada beberapa warga yang memanfaatkan singkong sebagai tape, kemudian di jual ke warung-warung terdekat. Melihat keadaan tersebut, mahasiswa berusaha memanfaatkan tape untuk dibuat jus dan roti yang dinamakan Gabin Tape. Selain Gabin Tape siap makan, mahasiswa juga membuat Gabin Tape dalam bentuk Frozen Food, yang nantinya bisa di jual belikan keluar kota.

Selain membuat produk untuk dipamerkan pada saat penarikan di Kabupaten, mahasiswa juga melakukan pelatihan secara langsung kepada masyarakat Desa Nglegok agar pada saat mahasiswa selesai melaksanakan KKN produk yang diajarkan dapat dilanjutkan dan menjadi ladang wirausaha bagi masyarakat Desa Nglegok. (Gie/Humas Publikasi)

Sumber: Azmifena

Komentar ditutup.