Bg

KOMSASI Sukses Persembahkan Dua Pentas Drama Dalam Sehari

Diterbitkan tanggal 7 Desember 2017

SINAR- KOMSASI (Komunitas Mahasiswa bahasa dan Sastra Indonesia) Tadris Bahasa Indonesia (TBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta, berhasil mempersembahkan dua pentas teater, Kamis (7/12) bertempat di Graha IAIN Surakarta.

Pentas yang di selenggarakan oleh Komsasi ini merupakan pentas drama perdana buah karya mahasiswa TBI semester lima, bertujuan untuk mewadahi kegiatan dan kreatifitas mahasiswa dalam bersastra. Drama pertama berjudul “Bunga Rumah Makan” karya Utuy T Sontani yang disturadarai oleh Adi Putra pratama. Drama ini menyampaikan pesan kepada penonton tentang kejujuran dalam asmara, serta bagaimana seseorang dalam bekerja harus memberi perhatian kepada orang lain.

Drama kedua berjudul “HAH” karya Putu Wijaya yang disutradari oleh Lenggar Beril Permana. Drama ini berkisah tentang kehidupan yang terjadi di sekitar kita. Banyak kritik sosial terhadap pemerintah serta masyarakat kelas menengah bawah. Salah satu pesan yang dalam drama tersebut, bahwa ucapan yang tidak baik bisa menjadi luka dan akan sulit terobati.

Dr. H. Giyoto, M.Hum, selaku Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) IAIN Surakarta dalam sambutannya beliau mengapresiasi kreatifitas dan produktifitas Komsasi. Beliau berpesan meskipun TBI tergolong jurusan yang baru namun mahasiswa TBI jangan malu dan takut untuk tampil di hadapan publik, tunjukkan potensi dan bakat kalian berikanlah yang terbaik buktikan kalau kita pun mampu.

Dr. Siti Isnaniah Ketua Jurusan (Kajur) TBI selaras dengan Dekan FITK, beliau juga turut mengapresiasi dan menilai positif teater drama karya mahasiswa. Ini akan menjadi nilai tambah bagi jurusan TBI, hal ini menunjukan bahwa mahasiswa TBI mampu menguasai seni peran.

Meskipun baru pertama, para mahasiswa TBI terbukti mampu dan berhasil dalam mempersembahkan drama terbaiknya. Kesuksesan pementasan ini pun tidak luput dari bimbingan dosen mata kuliah penyutradaraan, yakni beliau Bapak Budi Waluyo, M.Hum serta kolaborasi dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Teater Sirat, UKM GAS21, dan Teater Arena UNS. (Zat/Humas Publikasi)#BanggaIAINSurakarta

Sumber: A.Alfi

Komentar ditutup.