Bg

Mahasiswa IAIN Kampanyekan Cross Culture Understanding di CFD

Diterbitkan tanggal 8 April 2018

SINAR- Minggu (8/4) Mahasiswa IAIN Surakarta menampilkan pertunjukan budaya tari dan kuliner khas Thailand dan Jawa di Solo Car Free Day (CFD). Mengangkat tema Cross Culture Understanding Thailand-Java, acara tersebut diadakan oleh mahasiswa Angkatan 2015 Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta, bekerja sama dengan Komunitas Mahasiswa Thailand IAIN Surakarta, UKM Tari Sentra IAIN Surakarta, dan UKM JQH IAIN Surakarta.

Tema tersebut diangkat dengan maksud mengajak masyarakat mau memelihara dan menjaga budaya yang ada di Indonesia, selain itu sekaligus mengenal dan mau menghargai budaya negara lain, seperti misalnya Thailand. “Dengan adanya acara seperti ini, selain memperkenalkan budaya luar negeri, kita juga bisa memperkenalkan budaya sendiri dan juga budaya-budaya yang telah ada tetap bisa berdampingan tanpa menghilangkan salah satu budaya” ungkap Indah selaku panitia event saat ditemui tim Media Humas.

Acara pertunjukan tari dan kuliner dari dua budaya yang berbeda tersebut berhasil menyedot perhatian banyak pengunjug CFD. Selain pertunjukan tari dan kuliner event ini juga mengangkat budaya Islami untuk anak-anak, yaitu mewarnai kaligrafi. Nanda (19), salah seorang pengunjung mengatakan “Baguslah ini, budaya Jawa dan Thailand dipamerkan di CFD, apalagi yang bagian menggambar kaligrafi, itu juga bisa mengasah moral anak-anak karena kebanyakan di sini hanya mewarnai gambar anak-anak biasa”.

Even ini merupakan yang kedua kalinya diselenggarakan mahasiswa KPI sebagai tugas Mata Kuliah Event Organiser kelas Jurnalistik. Tahun yang lalu acara serupa juga diadakan di CFD dengan mengangkat tema budaya. Event-event tersebut sengaja dilakukan di CFD karena audience datang dari masyarakat Solo Raya. “Di CFD kita tidak perlu mencari audien tapi tantangannya adalah faktor untuk membuat mereka tertarik itu apa, selain itu juga membuktikan bahwa mahasiswa IAIN juga bisa membuat even seperti ini,” terang Damar Prakoso selaku Dosen Event Organiser di IAIN Surakarta. (MgUli/Humas Publikasi) #BanggaIAINSurakarta

Edit: JnR

Komentar ditutup.