Bg

Memancing Mahasiswa untuk Berpikir Kritis, HMJ AKS Gelar Sharia Accounting Reseacrh Competition

Diterbitkan tanggal 8 Maret 2016

HMJ 1SINAR-Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Akuntansi Syariah mengadakan Sharia Accounting Competition pada Senin (8/3), bertempat di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta dengan tema “Peranan Ekonomi Syariah dalam Menjawab Tantangan di Era MEA.” Dan sub tema : 1). Kuantitas dan Kualitas SDM Profesi Akuntan dalam Menyikapi Akuntan dalam Negeri. 2). Langkah Strategi Sektor Syariah dalam Menghadapi Tujuan Indonesia pada MEA. dan 3) Perkembangan Sistem Syariah dalam Meningkatkan Kualitas Sektor Riil agar Tidak Kalah Bersaing di Era MEA.

“Lomba paper ini bertujuan untuk membangun dan memancing minat mahasiswa untuk berlomba dalam penelitian dan penulisan karya ilmiah, khususnya pada bidang ekonomi syariah. Selain itu, lomba ini juga bertujuan untuk melibatkan mahasiswa agar berpikir kritis dan memberikan solusi atau pendapat mereka di dalam perkembangan ekonomi syariah yang saat ini menjadi solusi alternatif di tengah gejolak pereokonomian dunia.” terang Khoirudin, selaku Ketua HMJ AKS.

Sementara itu Kajur AKS Marita Kusuma Wardani, acara tersebut dapat melatih mahasiswa untuk berkompetisi dan mengembangkan bakatnya dalam penelitian. Dan harapannya acara yang seperti ini dapat diadakan setiap tahunnya dengan kolaborasi antar HMJ lainnya, agar bidang ilmu yang dilombakan semakin bervariasi dengan mengusung tema yang sama tetapi dengan pendekatan dan sudut pandang ilmu yang berbeda.

Acara yang bertajuk “Welcome to the Finalis of Sharia Accounting Researh Competition” ini menghadirkan dewan juri yang berkompeten di bidangnya. Dewan juri yang pertama Marita Kusuma Wardani, S.E., M.Si., Ak selaku Kepala Jurusan Akuntansi Syariah dan Helmi Haris, S. H. I., M.S.I, dari penilaian dewan juri maka dihasilkan juara-juara dalam kompetisi tersebut: Juara 1 diraih oleh Tim Wawan Triyono dan Rabia dari jurusan Manajemen Syariah dengan judul “Optimalisasi peran baitul maal wat tamwil (BMT) di Era MEA”.

Juara 2 diraih oleh Tim Hani Wahyu Nugroho dan Kelita Purwanti dari Jurusan Manajemen Syariah dengan judul “Standarisasi sistem syariah dalam rangka mewujudkan sektor syariah yang unggul guna mencapai keberhasilan Indonesia pada MEA.”Juara 3 diraih oleh Tim Faiz Nur Haziza dan Niofa Nurul Istiqomah dari jurusan Manajemen syariah dengan judul “Strategi pengembangan kualitas perbankan syariah melalui perbaikan SDM supaya mampu bersaing di era masyarakat ekonomi ASEAN 2016.”Juara Harapan diraih oleh Aqomam Mahmuda dari jurusan Hukum Ekonomi Syariah dengan judul ”Upaya Positifisasi Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah (KHES) di Indonesia. (Gus/Humas dan Publikasi)

Sumber: Destya

Komentar ditutup.