Bg

Peningkatan Wawasan, IAIN Metro Lampung Bertandang Ke IAIN Surakarta

Diterbitkan tanggal 5 September 2017

SINAR– Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta menerima rombongan dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro Lampung di ruang senat kampus setempat, Selasa (5/9). Kunjungan kerja yang telah berlangsung selama 2 hari tersebut terfokus pada peningkatan wawasan mutu, perencanaan dan capacity building. Sejumlah 23 orang ini hadir digawangi oleh sang Rektor IAIN Metro Lampung, Prof. Dr. Enizar, M.Ag.

Rektor IAIN Surakarta, Dr. H. Mudofir, M.Pd., dalam sambutannya menerangkan profil global tentang IAIN Surakarta. Mulai dari jumlah mahasiswa aktif yang dimiliki, yaitu sekitar 14.000, hingga keadaan jumlah dosen yang belum mencapai angka ideal. “Saat ini kami memiliki 14.000-an mahasiswa aktif. Bahkan tahun ini kami sudah menolak sekitar 9.000 pendaftar,” terangnya. “Alhamdulillah, tahun ini kami mendapatkan dana SBSN melalui 2.000 sd 3.000 mahasiswa baru tahun ini,” imbuhnya. Mudofir menyatakan sangat terbuka bagi IAIN Metro Lampung yang jauh-jauh datang ke IAIN Surakarta untuk menimba ilmu terkait pengelolaan keuangan PTKIN, yang nanti secara teknis akan dijelaskan oleh Kepala Bagian Keuangan dan Perencanaan, Hj. Arina Hasbana,M.M  dan Kepala Sub Bagian Perencanaan, Tato Priyo Sulistiyono, S.Kom.

Sedangkan dari pihak IAIN Metro Lampung, dalam kesempatan tersebut memperkenalkan masing-masing anggota yang hadir dalam kunjungan kerja, yang salah satunya adalah Wakil Rektor II, Muhtar Hadi, M.S.I. Berdasar keterangan dari Enizar bahwa IAIN Metro Lampung yang baru saja beralih status dari STAIN masih menggunakan anggaran STAIN 2017 dan akan berencana melakukan pemisahan sub DIPA pada tahun anggaran 2018. Hingga saat ini, pasca alih status pada tahun lalu, IAIN Metro Lampung  belum menggunakan perencanaan berbasis fakultas sehingga Enizar sangat berharap agar IAIN Surakarta berkenan untuk berbagi ilmu terkait hal tersebut. “Kata Bapak Mudofir pada kesempatan lain saat kami bertemu, maju harus bersama bukan maju masing-masing, itulah makna kemajuan yang sesungguhnya,” jelas Enizar.

Pada acara inti, Kabag. Keuangan dan Perencanaan, Dra. Hj. Arina Hasbana, M.M., memaparkan panjang lebar mulai dari struktur keorganisasian pada Bagian Perencanaan dan Keuangan serta tugasnya, dan berbagai alur proses layanan yang harus dilewati untuk mencairkan dana kegiatan dan segala yang terkait dengan keuangan. Sedangkan Tato Priyo Sulistiyono,S.Kom., selaku Kasubbag. Perencanaan lebih terfokus pada penjelasan terkait dengan kebijakan pelaksanaan anggaran dan bagaimana teknis penyusunan anggaran di IAIN Surakarta. “Basic dari perencanaan di IAIN Surakarta adalah memakai sistem bottom up, semua usulan dari fakultas, lembaga dan Unit kita tampung dan kita diskusikan dan disesuaikan dengan visi misi IAIN Surakarta”, terangnya. (Yin/Humas dan Publikasi)#BanggaIAINSurakarta

Komentar ditutup.