Bg

PkM Prodi Tadris Bahasa Indonesia di Karanganyar Ajak Anak Muda Untuk Gemar Menulis

Diterbitkan tanggal 11 April 2021

SINAR- Program studi Tadris Bahasa Indonesia (TBI)  Fakultas Adab dan Bahasa (FAB) IAIN Surakarta laksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) berupa pelatihan penulisan artikel populer kepada masyarakat Karanganyar Jawa Tengah, Minggu (11/4). Acara tersebut dilaksanakan secara luring dengan tetap menjalankan protokol kesehatan.

Acara pelatihan ini dibuka oleh Dr. Siti Isnaniah, M. Pd. selaku Kaprodi TBI. Disampaikan oleh bu Isna (sapaan Kaprodi TBI) bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan produktivitas masyarakat khususnya wilayah Karanganyar dalam menulis artikel populer. 

Dalam acara pelatihan  ini diikuti sebanyak 24 peserta yang berasal dari komunitas penulis Forum Lingkar Pena (FLP) cabang Karanganyar dengan tiga (3) dan  narasumber  dosen TBI  yaitu  Dr. Siti Isnaniah, M. Pd., Dian Uswatun Hasanah, M. Pd., dan  Endang Rahmawati, M. Pd.

Ketiga narasumber yang diwakili oleh Dr. Siti Isnaniah, M. Pd. menyampaikan informasi mengenai kepenulisan artikel populer berdasarkan pengalaman di dunia kepenulisan yang dimilikinya. Sebelum masuk ke materi beliau memberi tahu dan mengajak para penulis untuk menulis di jurnal TABASA karena  berbeda dengan  jurnal kampus lainnya yang kebanyakan berbayar, jurnal TABASA milik prodi Tadris Bahasa Indonesia ini gratis bahkan penulis yang menulis di jurnal tersebut dapat honor. Seperti Agus Yulianto ketua FLP Jawa Tengah yang telah menulis di jurnal TABASA dan mendapatkan honor.

Selanjutnya acara pelatihan  terakhir sekaligus penutup dilanjutkan mentoring dengan membagi peserta menjadi 3 kelompok dan berdiskusi dengan masing-masing narasumber. (Gie/ Humas Publikasi)

Sumber: Alifia Hapsari

Artikel adalah salah satu karya nonfiksi dan masuk di  jurnalistik writing.  Jurnalistik writing ini banyak macamnya antara lain: resensi, artikel, esay, feature, berita, kolom, dan tajuk. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam  kepenulisan  yaitu harus tahu  media yang dituju, lead biasanya masuk di pendahuluan, topik, outline (tidak wajib), judul dibuat semenarik mungkin, diksi yang ditulis sesuai dengan PUEBI, dibuat sub judul, isi mencerminkan judul.


Komentar ditutup.