Bg

Rektor IAIN Surakarta Resmikan Pondok Mahasiswa Syifa’ul Qur’an

Diterbitkan tanggal 13 Agustus 2019

SINAR– Setelah dinanti sejak beberapa tahun lamanya, akhirnya Pondok Mahasiswa Syifa’ul Qur’an Fakultas llmu Tarbiyah dan Fakultas Adab dan Bahasa IAIN Surakarta telah resmi diluncurkan pada hari Selasa, (13/8). Pondok yang pembangunannya dimulai sejak bulan November 2016 ini menempati lahan seluas 200 m2 di Dukuh Gebyok, Desa Ngemplak, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Dalam peresmian tersebut diawali dengan muqaddaman oleh para santri pada pagi harinya. Tampak hadir dalam acara peresmian adalah Ketua KUA Sukoharjo, Rektor IAIN Surakarta Prof. Dr. H. Mudofir, S.Ag., M.Pd., didampingi para wakil rektor, kepala biro IAIN Surakarta Ferimeldi Ph.D, serta jajaran pimpinan di Fakultas Adab dan Bahasa juga Fakultas Ilmu Tarbiyah. Pendirian pondok ini tak lain untuk meningkatkan dan mengembangkan kompetensi mahasiswa dalam menghafal maupun menjaga hafalan Al-Qur’an yang pernah dihafal. Kegiatan utama yang dilakukan para santri adalah setiap pagi ziyadah Al-Qur’an (menambah hafalan), sore harinya muroja’ah hafalan. Tercatat ada 31 santri yang berada di pondok tersebut. Selain hafalan Al-Qur’an para santri juga memiliki target lain diantaranya hafal hadits arbain nawawi, bisa membaca kitab kuning dan memiliki kemampuan menulis bahasa Inggris, Arab dan Indonesia.

Rektor IAIN Surakarta Prof. Dr. H. Mudofir, S.Ag., M.Pd. dalam sambutannya mengungkapkan dukungannya terhadap adanya pondok tahfidz ini, semoga dengan adaya pondok ini dapat memberikan fasilitas bagi para mahasiswa yang ingin menambah dan memperkuat hafalan Al-Qur’an., ujarnya. Acara dilanjutkan dengan penandatangan surat Wakaf dari Drs. K.H. Muhammad Hasyim selaku pemilik tanah kepada pengurus pondok yang disaksikan oleh KUA Kecamatan Kartasura. Beliau mengucapkan rasa syukur dan berharap mudah-mudahan Pondok ini bisa dikelola dengan baik dan memberikan manfaat yang besar. (Zat/Humas Publikasi)

Komentar ditutup.