Bg

Tiga Mahasiswa SPI Ikut Sukseskan Musyawarah Sejarah Se-Indonesia

Diterbitkan tanggal 13 September 2018

SINAR- Kamis (13/9) Tiga mahasiswa Jurusan Sejarah Peradaban Islam (SPI) IAIN Surakarta berangkat ke Banyuwangi dalam rangka menyukseskan Musyawarah Nasional Ikatan Himpunan Mahasiswa se-Indonesia (IKAHIMSI) Wilayah-III. Mereka adalah Eko Prasetyo (SPI-5B), Ahmad Mudhlofir (SPI-5A) dan Rita Purnamasari (SPI 3B). Ketiganya terpilih menjadi steering committee dalam acara tahunan yang diselenggarakan IKAMIMSI tersebut. Musyawarah Nasional Ikatan Himpunan Mahasiswa se-Indonesia (IKAHIMSI) Wilayah-III ini diadakan di Universitas Tujuh Belas Agustus (Untag) Banyuwang dari 13-15 September 2018.

Menurut Eko Prasetyo yang juga wakil ketua HMJ SPI, undangan sudah jauh-jauh hari disampaikan oleh pengurus pusat IKAHIMSI. “Meskipun HMJ SPI baru punya gawe besar Pekan Sejarah 2018 ya tetap harus siap karena ini bentuk kepercayaan dari pengurus pusat,” ujarnya. Amanat ini juga membuktikan bahwa mahasiswa SPI IAIN Surakarta aktif dalam kepengurusan Ikatan Mahasiswa Sejarah se-Indonesia, walaupun jurusan SPI baru berdiri sekitar tiga tahunan.

Sejumlah prodi/jurusan sejarah pada kampus-kampus di Jawa Timur hadir dalam acara ini, yaitu dari Unesa Surabaya, Unair Surabaya, Univesitas Negeri Malang, Universitas Jember, Univesitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Universitas Madiun, Universitas Nusantara Kediri, IAIN Tulungagung, IAIN Jember, IKIP Pacitan, Uniba Banyuwangi, dan tuan rumah Untag Banyuwangi.

Eko Prasetyo menuturkan musyawarah ini bisa memberi pembelajaran bagi mahasiswa sejarah dan IKAHIMSI harus berperan penting dalam penulisan dan pengajaran sejarah di Indonesia. Sehingga mahasiswa tidak hanya jadi penonton saja atas perjalanan sejarah, tetapi juga bisa meluruskan dan menuliskan sejarah secara vestehen (apa adanya) bukan hanya untuk kepentingan politik. Sedang menurut Rita Purnamasari, peran penting sejarah harus ditingkatkan untuk memberi warna sejarah yang selama ini cenderung elitis saja. Rita sangat senang karena hal ini akan menjadikan peran prodi SPI semakin nyata. (JnR/Humas Publikasi)#banggaiainsurakarta

Sumber : HMJ SPI

Komentar ditutup.