Bg

Centre for Halal Research IAIN Surakarta Launching Buku “Serba-serbi Mindset Halal”

Diterbitkan tanggal 27 Oktober 2020

SINAR-Indonesia merupakan negara dengan mayoritas beragama Islam, oleh karena itu kehalalan suatu produk merupakan hal yang sangat pentig untuk diperhatikan baik oleh para pelaku usaha maupun konsumen. Pemerintah memberikan dukungan untuk menjamin kehalalan suatu produk dengan menetapkan berbagai aturan bagi para pelaku usaha. Salah satunya, yaitu UU Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal yang mulai diberlakukan pada bulan Oktober 2019 lalu. Berdasarkan UU tersebut, dinyatakan bahwa semua produk yang masuk, beredar, dan diperdagangkan di wilayah Indonesia wajib bersertifikasi halal.

Dalam hal ini, perguruan tinggi sebagai lembaga pendidikan tertinggi, berperan memberikan wawasan kepada masyarakat mengenai kehalalan suatu produk.  Centre for Halal Research, pusat studi di bawah naungan LP2M IAIN Surakarta, me-launching buku berjudul “Serba-serbi Mindset Halal”.  Buku tersebut dibuat dalam rangka memberikan berbagai informasi mengenai kehalalan suatu produk, dari mulai konsep dasar kehalalan pangan hingga ke penerapan sistem jaminan halal dan proses pengajuan sertifikasi halal di Indonesia.

Peluncuran buku tersebut oleh Prof. Dr. H. Mudofir, selaku rektor IAIN Surakarta, bersamaan dengan kegiatan “Seminar Peningkatan Mutu Usaha Kecil Menengah (UKM) melalui Penerapan Sistem Jaminan Halal” pada 26 Oktober 2020 di Aula Rektorat Lantai 3 IAIN Surakarta. Prof. H. Mudofir memberikan ucapan selamat kepada para penulis atas peluncuran buku ini. Dalam pengantar yang diberikan oleh Mudofir, beliau menyatakan karya Centre for Halal Research (Pusat Studi Halal) ini merupakan karya pertama yang memadukan antara bidang sains dan syari’ah di IAIN Surakarta setelah lebih dari seperempat abad berdirinya kampus ini pada tahun 1992.

Buku “Serba-serbi Mindset Halal” terdiri atas 6 bab yang ditulis oleh 11 dosen IAIN Surakarta dari berbagai latar belakag keilmuan, antara lain fiqih, sains, dan teknologi. Bab 1 membahas “Urgensi Dan Peraturan Sertifikasi Halal”, ditulis oleh Nurwulan Purnasari, M.Si. dan Fuad Hasyim, M.E.K. Bab 2 membahas tentang “Fiqih Makanan”, ditulis oleh Joko Roby Prasetiyo, M.Ag. dan Fathurrohman Husen, M.Si. Bab 3 membahas tentang “Cemaran Produk Turunan Babi”, ditulis oleh Ilzamha Hadijah Rusdan, M.Sc. dan Dita Purwina Anggrella, M.Pd. Bab 4 tentang “Cemaran Khamr dan Alkohol” pada pangan. Bab 5 membahas tentang “Titik Kritis Kehalalan Produk Pangan dan Nonpangan”. Bab terakhir, pada bab 6 dibahas tentang “Sertifikasi Halal” yang secara runut menuturkan alur sertifikasi halal di Indonesia.  

Buku tersebut dapat diperoleh di Guepedia, Tokopedia, Bukalapak,Tokotalk dan Shopee. Selain itu juga dapat diperoleh di Pusat Studi Halal IAIN Surakarta dengan menghubungi ibu Dita (0858-9592-9995) dan dapatkan diskon 25% sampai tanggal 15 November selagai stok masih tersedia. (Gus/Humas Publikasi)

Komentar ditutup.