Bg

Debat Hukum Tingkat Nasional

Diterbitkan tanggal 24 April 2016

SINAR– Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta mengirim delegasi Lomba Debat Hukum Nasional yang diselenggarakan oleh Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang (UNNES), Kompetisi Debat Hukum Mahasiswa Tingkat Nasional ini diselenggarakan dalam rangka Diesnatalis Ke-51 Universitas Negeri Semarang (UNNES). Delegasi Fakultas Syariah dilepas oleh Dekan Fakultas Syariah Dr. M. Usman, M. Ag. (21/4).

Lomba dilaksanakan di Kampus UNNES Jl Kelud Sampangan Semarang (22-24/4). Delegasi Fakultas Syariah IAIN Surakarta terdiri dari tiga mahasiswa antara lain: Ahmad Zia Hakim, Nur Sholihin dan Rizky Wibowo dan satu dosen pendamping Muhammad Julijanto, S. Ag., M. Ag. Mereka telah menyiapkan diri dengan mempelajari dan menguasai teknik-teknik debat. Diharapkan mahasiswa bisa mengasah kemampuan teoritis dan wawasan hukum.

Topik debat ada 12 antara lain: Pemiskinan bagi koruptor, Revisi Undang-Undang Terorisme, Revisi Undang-Undang KPK, Pertanggung jawaban Korporasi Bagi Perusak Lingkungan Hidup, Hukum Adat Masuk dalam Pembaruan Hukum Pidana, Tindak Pidana Santet dalam Hukum Pidana Nasional, Administrasi Kependudukan Bagi Warga Asing, Kedaulatan Managemen Sumber Daya Alam di Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), Politik Hukum Imigrasi Di Era MEA, Divestasi Saham PT. Freeport Indonesia, Alih Fungsi Lahan Pertanian Ke Industri, dan Pro Kontra HKI.

Hadir peserta 12 delegasi yang sudah berada di UNNES antara lain; Fakultas Syariah IAIN Surakarta, Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang (UNNES), Fakultas Hukum Uiversitas Sebelas Maret Surakarta (UNS), Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Fakultas Hukum Universitas Muria Kudus (UMK), Fakultas Syariah dan Hukum UIN Walisongo, Fakultas Hukum Univeritas Islam Indonesia (UII), Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga, Fakultas Hukum Universitas Hasnuddin (UNHAS).

Sebelum lomba debat dilaksanakan seminar pertanggung jawaban Korporasi dalam Tindak Pidana di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN tampil sebagai pembicara Bayu SH MH kandidat doktor hukum UNDIP dan dosen Fakultas Hukum UNNES.

Delegasi debat dibagi menjadi 4 kelompok dan masing-masing kelompok terdiri 3 tim, satu tim mendapat 2 mosi untuk babak penyisihan, dan untuk babak semifinal meloloskan 3 finalis. Tampil sebagai finalis delegasi Tim Fakultas Hukum Universitas  Hasanuddin Makasar Juara I, Tim Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta Juara Dua, dan Tim Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kemampuan teknik berdebat, etika dan penguasaan materi telah mengantarkan perserta mencapai menjadi juara.

Sekalipun delegasi IAIN Surakarta hasilnya belum menjadi juara, namun telah menambah banyak wawasan dan pengalaman yang berharga dalam berinteraksi dengan komunitas hukum secara nasional lingkungan perguruan tinggi. Supporter teman-teman Shariah Law Community (SLC) IAIN Surakarta juga turut hadir. Support dan dukungan lembaga menjadi motivasi bagi mahasiswa mengembangkan wawasan yang lebih baik di masa yang akan datang. Apresiasi penyelenggara terhadap partisipasi peserta telah memberikan kontribusi yang signifikan suksesnya Kompetisi Debat Hukum Mahasiswa Tingkat Nasional Diesnatalis UNNES ke-51. (Gie/Humas dan Publikasi)

Sumber: Muhammad Julijanto

Komentar ditutup.