Bg

Dr. M.Usman: Fakultas Syariah Siap Membuka Program Pascasarjana Jurusan Hukum Ekonomi Syariah

Diterbitkan tanggal 14 September 2017

SINAR– Mengakomodir peminat yang terus meningkat, Fakultas Syariah IAIN Surakarta terus berinovasi, kali ini akan segera membuka Program Studi (Prodi) baru Pasca Sarjana (S2) Hukum Ekonomi Syariah (HES).

Kamis (14/09), Dekan Fakultas Syariah bersama para pimpinan dan dosen mematangkan persiapan pembukaan itu dengan menyimak dan diskusi langsung dengan Kepala Subdit Pengembangan Akademik pada Direktorat Pendidikan Keagamaan Islam RI, Dr. H. Mamat Salamet Burhanuddin, M.Ag. Forum yang bertajuk “Pendampingan Pembukaan Program Studi Baru pascasarjana (S2) Hukum Ekonomi Syariah” itu berlangsung di ruang rapat Lt. III Fakultas Syariah.

Rektor IAIN Surakarta sekaligus dosen Fakultas Syariah, Dr. H. Mudofir Abdullah, S.Ag., M.Pd. dalam sambutannya mendukung penuh rencana pembukaan Prodi ini. Tak hanya itu, Dr. H. Mudofir juga menyatakan bahwa Fakultas Syariah secara umum sudah siap untuk itu dan menyatakan kesanggupannya memenuhi  persyaratan bila ada yang dirasa perlu.

Dr. H. Burhanuddin dalam paparannya menyatakan bahwa pada dasarnya Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam memberikan kesempatan seluas luasnya untuk membuka prodi baru karena itu merupakan indikasi adanya inovasi dalam pendidikan. Namun demikian tidak boleh meninggalkan ciri khasnya sebagai pendidikan keagamaan Islam, “Ciri khas PTKIN adalah adanya kajian keislaman, yang merupakan nilai tambah yang tidak dimiliki PT umum”, terangnya. “Oleh karena itu, kurikulum kajian Islam harus dipertahankan”, tambahnya. Dari data yang diperolehnya, peminat di PTKIN dari tahun ke tahun mayoritas terus mengalami peningkatan, menurutnya hal ini disebabkan karena PTKIN terus konsisten menjaga kekhasan tersebut sehingga mendapat simpatik dari masyarakat.

Berkenaan dengan syarat ijin operasional pembukaan Prodi baru, Dr. H. Burhanuddin menambahkan, selain fasilitas seperti kelas dan sarana prasarana lainnya, juga harus siap Sumber Daya Manusianya (SDM). Karena hal itu merupakan syarat utama dalam pembukaan Prodi baru.

Sementara itu, Dekan Fakultas Syariah, Dr. M. Usman, S.Ag., M.Ag. sekaligus moderator forum tersebut menyatakan bahwa Fakultas Syariah sudah siap membuka Prodi S2 HES, “Sudah siap, baik sarana maupun SDM, sehingga berharap segera dikeluarkan ijin operasionalnya”, paparnya diakhir acara. (Win/Humas Publikasi). #BanggaIAINSurakarta.

Komentar ditutup.