Bg

FGD dan PDAI Satuan Pengawas Internal (SPI) se PTKN Kementerian Agama

Diterbitkan tanggal 9 April 2019

SINAR- Satuan Pengawas Internal (SPI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta mengadakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dan Pelatihan Dasar Auditor Internal (PDAI) pada Selasa-Sabtu (9-13/4). Kegiatan yang bertajuk “Penguatan Kapasitas Kelembagaan dan SDM SPI PTKN dalam Rangka Mewujudkan Good University Governance (GUG) ini diikuti oleh seluruh pengelola SPI Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) se-Indonesia.

Dalam laporannya sebagai tuan rumah kegiatan, ketua SPI  IAIN Surakarta M Rahmawan Arifin, M.Si mengatakan bahwa maksud dari pelatihan ini dalam rangka peningkatan kapasitas dan sumber daya manusia (SDM) pada unit SPI di lingkungan PTKN non BLU.

Diharapkan dari SDM yang handal ini maka implementasi  dari Good University Governance (GUG) dapat terwujud.  Adapun total peserta pelatihan ini diikuti oleh 58 peserta dari 33 forum SPI  PTKN se Indonesia, imbuhnya.

Lebih lanjut Rektor IAIN Surakarta Dr. H. Mudofir dalam sambutannya mengatakan jika melihat dari entitasnya bahwa bidang akademik untuk pengendali mutu dilakukan oleh Lembaga Penjaminan Mutu, sedangkan SPI pengendali mutu di bidang non akademik.

Rektor juga mengungkapkan bahwa SPI saat ini telah memberikan kontribusi dalam pengembangan mutu lembaga oleh karenanya anggaran SPI pada tahun ini aka nada peningkatan.

Sementara itu Keynote speech Prof Dr. M. Arskal Salim GP, M.Ag, Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kementerian Agama RI, mengatakan tujuan dari  pelatihan harapannya dapat menghasilkan auditor internal yang bersertifikasi, selain  itu dapat memperat persaudaraan antar lembaga di  PTKN yang berupaya untuk akuntabel dan transpran. (Gus/Humas)

Sumber: Ade SPI

Komentar ditutup.