Bg

IAIN Surakarta gelar workshop sekaligus launching omah jurnal berbasis OJS

Diterbitkan tanggal 4 Juni 2016

 

SINAR– Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta gelar workshop pengelolaan jurnal berbasis Open Journal System (OJS) sekaligus launching omah jurnal IAIN Surakarta di hotel Lor In Surakarta, Sabtu (04/6).

Acara ini dihadiri oleh pengelola jurnal di lingkungan IAIN Surakarta dan juga dari universitas lain seperti UMS, UNS, UIN SUKA, STABN, dan beberapa kampus lain di Soloraya. Pada kesempatan itu Rektor IAIN Surakarta Dr. Mudhofir, M.Ag dalam sambutannya sangat mengapresiasi penyelenggaraan workshop ini mengingat bahwa mutu dari sebuah perguruan tinggi dinilai dari beberapa hal yaitu mutu sumber daya manusia (SDM), manajemen, publikasi ilmiah dan penelitian, serta kegiatan kemahasiswaannya. Publikasi ilmiah sangatlah penting artinya bagi sebuah perguruan tinggi karena dengan publikasi (melalui OJS) dosen dituntut untuk menyumbangkan hasil-hasil penelitian yang bermutu sekaligus bermanfaat kepada masyarakat luas. Oleh karena itu IAIN Surakarta menaruh perhatian serius terhadap mutu publikasi dan penelitian yang dihasilkan, salah satunya  dengan diselenggarakannya workshop serta launching OJS ini. Diharapkan dengan adanya OJS, hal ini dapat meningkatkan mutu setiap jurnal yang ada di IAIN Surakarta.

Dua narasumber nasional dihadirkan untuk mengisi acara ini Dr. Imam Machali, M.Pd editor in chief Jurnal Pendidikan Islam dan trainer OJS nasional serta Dwi Ridho Aulianto, S.Hum tim trainer OJS PDII-LIPI. Dari dua narasumber tersebut peserta mendapatkan pengetahuan mengenai kondisi dunia jurnal di Indonesia, penerbitan ISSN, aturan-aturan mengenai perjurnalan, serta bagaimana tata kelola jurnal terakreditasi.

Sebagai penutup workshop ini, Dr. H. Abdul Matin bin Salman, selaku Wakil Rektor bidang akademik dan pengembangan lembaga melaunching omah jurnal IAIN Surakarta sebagai wadah dari tim pengelolaan dan pelatihan jurnal berbasis OJS.(Mun/Humas Publikasi)

Komentar ditutup.