Klinik Pratama Syifa Medica UIN RM Said Surakarta Buka Poli Umum dan Konsultasi Farmasi dengan Apoteker

SINAR- Klinik Pratama Syifa Medica hadir untuk memberikan pelayanan kesehatan medis primer kepada keluarga besar UIN Raden Mas Said Surakarta meliputi dosen, karyawan, mahasiswa, dan siswa PAUD Insan Kamil Dharma Wanita UIN Raden Mas Said Surakarta.

Fungsi hadirnya klinik pratama Syifa Medica di lingkungan UIN Raden Mas Said Surakarta adalah untuk melaksanakan program pelayanan yang bersifat promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif. Salah satu pelayanan program kuratif klinik dibantu dengan adanya instalasi farmasi yang ada didalamnya. Instalasi farmasi atau sering disebut juga apotek berfungsi sebagai tempat pemberian pelayanan medis yang prima, penyediaan obat yang bermutu, termasuk pelayanan farmasi klinik yang terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat.

Jenis layanan di klinik adalah dengan adanya konsultasi dokter umum pada poli umum untuk anak dan dewasa serta konsultasi obat melalui instalasi farmasi bersama apoteker. Pelayanan kefarmasian dalam klinik dilakukan di instalasi farmasi atau apotek. Apotek menjadi sarana pelayanan kefarmasian tempat dilakukannya praktik kefarmasian oleh apoteker yaitu pelayanan langsung dan bertanggung jawab kepada pasien dalam mengoptimalkan terapi yang digunakan dengan mengedepankan standar pelayanan kefarmasian (PMK No 35 tahun 2014).

Klinik Syifa Medica saat ini memiliki program pemberian Informasi Obat yang akan dilakukan secara digital dengan memberikan kode QR Code selain diberikan layanan secara langsung. Layanan digital ini nantinya akan didapatkan oleh pasien dalam etiket obatnya, sehingga ketika ada pasien yang lupa akan obatnya tidak perlu kembali ke klinik tapi bisa mengakses QR Code yang terhubung langsung dengan website menggunakan gawai yang dibawanya. Informasi yang diterima pasien berupa pengertian jenis obat yang dimiliki klinik berupa informasi Obat bebas, informasi obat bebas terbatas, informasi obat keras, informasi obat narkotik, informasi obat herbal, informasi obat herbal terstandar dan informasi obat fitofarmaka. Informasi jenis obat tersebut adalah tentang gambar logo, makna dan arti dalam logo serta beberapa obat yang tersedia di klinik. Setelah pasien mengakses maka akan menemukan juga obat yang sedang dikonsumsinya, informasi dalam obat ini berupa indikasi obat, dosis, efek samping, dan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam obat yang dikonsumsinya.

Website sebagai media yang diterima pasien merupakan informasi tulisan dari tenaga kesehatan klinik Syifa Medica sehingga info yang diberikan bisa dipertanggungjawabkan. Selain itu ada layanan konsultasi langsung dengan apoteker yang dimiliki klinik Syifa Medica yang memberikan layanan telekomunikasi melalui media Whatsapp yang langsung terhubung. Kegiatan ini diharapkan bisa membantu pasien dalam pengobatannya sehingga mengurangi kesakitan yang dialami pasien serta meningkatkan derajat kesehatan pasien. (Nughy/ Humas Publikasi)

Sumber: Apoteker Ikhda