Bg

LP2M IAIN Surakarta Launching Buku “Rahayu Nir Sambikala”

Diterbitkan tanggal 15 Juli 2020

SINAR- Di masa kebijakan bekerja dari rumah ketika era pandemi Covid-19, 44 dosen IAIN Surakarta berkolaborasi menulis esai dengan dukungan Pusat Penelitian dan Penerbitan LP2M IAIN Surakarta. Model menulis secara bersama-sama ini diharapkan bisa menghasilkan karya-karya monumental lain. Demikian petikan sambutan Wakil Rektor 1, Dr. Imam Makruf, M.Pd dalam acara Launching Buku “Rahayu Nir Sambikala: Refleksi Dosen IAIN Surakarta Selama #dirumahaja” yang berbarengan dengan kegiatan Rapat Kerja LP2M IAIN Surakarta pada 14 Juli 2020. Acara ini dihadiri oleh Wakil Rektor 1, Wakil Rektor 2, Ketua LP2M dan jajarannya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Dalam pengantar launching, M. Zainal Anwar, M.S.I., Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan LP2M IAIN Surakarta menyampaikan bahwa salah satu tujuan penerbitan buku ini untuk mendokumentasikan peristiwa pandemi Covid-19 di Indonesia yang tak pernah terbayang sebelumnya. Adanya pandemi Covid-19 ini senyatanya telah merubah tatanan hidup masyarakat di berbagai bidang. “Dalam kondisi yang demikian, sebagai dosen cum peneliti, ada kewajiban untuk merekam peristiwa ini sebagai pengingat di masa depan sekaligus menjadi cermin bagi generasi mendatang bahwa kita pernah mengalami peristiwa Covid-19 ini,” imbuh Zainal.

Zainal menambahkan bahwa buku ini ditulis oleh para dosen IAIN Surakarta lintas fakultas mulai Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Fakultas Syariah, Fakultas Adab dan Bahasa, dan Fakultas Ilmu Tarbiyah. “Jenis tulisan yang dipilih adalah esai ilmiah popular agar bisa menjangkau masyarakat yang lebih luas,“ kata Zainal. Meski berisi tulisan dari dosen dalam ragam disiplin ilmu, buku ini mempunyai semangat yang sama, yakni semangat untuk terhindar dari mara bahaya. Untuk itu buku ini diberi judul “Rahayu Nir Sambikala” yang bermakna agar kita semua selamat dari segala cobaan dan gangguan, khususnya dari wabah Covid-19.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua LP2M, Dr. Zainul Abas, M.Ag menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada semua tim yang telah berjasa mensukseskan penerbitan buku ini. “Saya berterima kasih kepada Bapak Rektor IAIN Surakarta yang berkenan memberi sambutan, Ibu Dr. Nihayatul Wafiroh, wakil ketua Komisi IX DPR RI yang berkenan memberi prolog serta Bapak Dr. Mahrus, Kasi Penelitian dan Pengelolaan HAKI Kemenag yang bersedia menulis epilog,” imbuh Zainul Abas. (Gus/ Humas Publikasi)

Sumber: Nur Rohman

Komentar ditutup.