Bg

Mahasiswa Asal Thailand Dihimbau Untuk Pulang Ke Negara Asal

Diterbitkan tanggal 20 Maret 2020

SINAR- Menyikapi konferensi pers Menteri  Luar Negeri RI tanggal 18 Maret 2020 dan surat dari Kedutaan Besar Thailand di Indonesia tanggal 19 Maret 2020 yang menganjurkan para mahasiswa asing asal Thailand untuk kembali ke negaranya maka IAIN Surakarta segera merespon hal tersebut.

Melalui IAIN Surakarta International Office (ISIO), IAIN Surakarta yang diwakili oleh Zaenal Muttaqin, S.Ag., M.A., Ph.D. (Ketua ISIO) mengambil tindakan cepat dengan mengundang perwakilan mahasiswa asing IAIN Surakarta. Beberapa hal diputuskan dalam rapat terbatas tersebut, diantaranya:

  1. Jika memungkinkan, mahasiswa asal Thailand diperkenankan pulang sebelum tanggal 22 Maret 2020.
  2. Jika tidak memungkinkan, maka diambil langkah-langkah sebagai berikut: a).Menunggu keputusan Rektor apakah kebijakan pembelajaran online diperpanjang setelah tanggal 27 Maret 2020. b).Jika pembelajaran online tidak diperpanjang, maka para mahasiswa akan tetap tinggal di Indonesia. c).Jika pembelajaran online diperpanjang maka para mahasiswa akan kembali ke Thailand.
  3. Mahasiswa yang akan kembali ke Thailand diwajibkan untuk melapor ke ISIO dan memberitahu wali studi masing-masing.
  4. ISIO akan membantu proses pencarian Surat  Keterangan Sehat sebagai syarat masuk ke Thailand.
  5. ISIO akan membantu dalam proses akademik termasuk Ujian Akhir Semester jika sampai saatnya belum bisa kembali ke Indonesia.
  6. ISIO akan membantu hal-hal yang terkait keimigrasian (visa kunjungan, KITAS, dll) yang diperlukan untuk kembali ke Indonesia pada saatnya nanti.
  7. Mahasiswa asing asal Filipina memutuskan untuk tetap tinggal di Indonesia.
  8. Mahasiswa asing di IAIN Surakarta dihimbau untuk tetap menjaga kesehatan, menghindari keramaian, tidak bepergian kecuali penting dan melakukan kegiatan di rumah/pondokan.

Keputusan rapat tersebut dihadiri sejumlah mahasiswa asing yang tengah melanjutkan studi di berbagai program studi di IAIN Surakarta. ISIO akan terus memberikan informasi lebih lanjut kepada para mahasiswa asing untuk menyikapi hasil keputusan tersebut. Sembari menunggu keputusan mutlak dari pemerintah terkait perkembangan berita tentang Covid-19 maka seluruh peserta yang hadir bahkan seluruh keluarga besar sivitas akademika IAIN Surakarta terus memanjatkan do’a semoga wabah ini segera hilang dari negeri Indonesia. (Gie/Humas Publikasi)

Komentar ditutup.