Bg

Mendukung Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip; IAIN Surakarta Rintis Kerjasama Bidang Kearsipan Dengan Arsip Nasional Republik Indonesia

Diterbitkan tanggal 18 April 2017

SINAR- Dalam rangka meningkatkan tertib administrasi kearsipan di Lingkungan IAIN Surakarta dan dalam rangka mendukung Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip, IAIN Surakarta lakukan kunjungan, dan konsultasi ke Arsip Nasional Republik Indonesia Jl. Ampera Raya No 7 Jakarta Selatan, Selasa (18/4). Kunjungan tersebut juga dilakukan guna membuat rintisan kerjasama bidang kearsipan.

Rombongan IAIN Surakarta diwakili oleh Dr. Muhammad  Munadi, S.Pd, M.Pd (Wakil Rektor bidang Administrasi Umum Perencanaan dan Keuangan), Dr. Syamsul Bakri, S.Ag, M.Ag (Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama), dan Istilamah Laili, S.Sos (Arsiparis IAIN Surakarta).

Rombongan IAIN Surakarta diterima oleh Dra. Listyaningtyas M. selaku Direktur Kearsipan Pusat, Dra.  Sulistyowati, MM selaku Kepala Subdirektorat Pusat III, Dra. Tuti Sriwidayanti, M.Si selaku Kepala Sub Direktorat SDM Kearsipan, dan beberapa arsiparis ANRI.

Banyak hal yang menjadi pembicaraan dalam pertemuan tersebut. Beberapa poin penting yang harus segera ditindaklanjuti yaitu pertama masalah pengembangan kapasitas tenaga jabatan fungsional tertentu khususnya arsiparis melalui pelatihan dan workshop yang diadakan oleh ANRI atau IAIN Surakarta. kedua, pemenuhan kekurangan sumber daya manusia bisa dengan menunjuk pegawai di setiap fakultas, unit dan lembaga sebagai pengelola arsip selain itu untuk menambah arsiparis ada jalur impassing yang dibuka hingga tahun 2018 sesuai dengan Perka ANRI no 6 Tahun 2017, dengan demikian tertib arsip berawal dari fakultas, unit dan lembaga, sehingga bisa mendukung tertib arsip secara keseluruhan di institut karena ini juga merupakan upaya penyelamatan arsip-arsip yang masih bernilai guna. ketiga, ANRI sangat mendukung dan mendorong agar IAIN Surakarta segera melaksanakan fungsi tidak hanya mengelola arsip dinamis tetapi juga mengelola arsip statis sehingga amanat UU 43 tahun 2009 mengenai kewajiban Perguruan Tinggi wajib mempunyai Lembaga Kearsipan Perguruan Tinggi segera bisa terwujud. keempat, dalam hal menyusun instrumen pengelolaan arsip dinamis (tata naskah dinas, klasifikasi arsip, jadwal retensi arsip dan klasifikasi keamanan dan akses), ANRI siap membantu untuk membimbing. kelima, untuk mendukung penelitian dosen-dosen atau mahasiswa, ANRI terbuka untuk membantu menyediakan arsip-arsip statis yang dikelolanya melalui layanan dan pemanfaatan yang ada di ANRI, keenam, ANRI mendukung untuk pembukaan prodi kearsipan di IAIN Surakarta dan ketujuh, ANRI mendukung apabila mahasiswa dilibatkan untuk mengenalkan pentingnya arsip melalui kuliah kerja nyata sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat.

Di penghujung kunjungan, rombongan IAIN Surakarta diajak mengunjungi galeri dan ruang layanan baca, dimana dijelaskan tentang layanan prosedur peminjaman arsip statis kemudian ditutup dengan berkeliling ke diorama sejarah perjalanan bangsa. Terlihat berbagai karya seni, arsip dan IT diintegrasi untuk memudahkan mengenalkan arsip secara menarik bagi masyarakat.

Semoga rintisan kerjasama dengan Arsip Nasional Republik Indonesia bisa membawa IAIN Surakarta menjadi Perguruan Tinggi yang sadar tertib arsip (Gie/ Humas Publikasi)

#BanggaIAINSurakarta

Sumber: Istilamah Laili,S.Sos

Komentar ditutup.