Bg

Mengangkat integrasi Sains dan Kearifan lokal: Mahasiswa IAIN Surakarta Publish Artikel di International Conference on Science and Engineering

Diterbitkan tanggal 3 Agustus 2020

SINAR- Ahmad Mujahid, Miranda Refamala Ayuk Artika dan Trisna Amalia Ramadhani, ketiganya mahasiswa Psikologi Islam IAIN Surakarta berhasil publish artikel di International Conference on Science and Engineering (ICSE) yang diadakan oleh Fakultas Saintek UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta berkolaborasi dengan Jurnal ‘Biology, Medicine, & Natural Product Chemistry’.

Artikel mereka yang berjudul “From Waste to Energy: Recycling Batik Waste to Electricity” merupakan perwujudan dari semangat integrasi sains dengan kearifan lokal sesuai dengan visi IAIN Surakarta. Septin Puji Astuti, Ph.D dan Purwono, M.Si dari Centre for Science and Technology IAIN Surakarta selaku dosen yang membimbing kegiatan ini menuturkan, awal mula penulisan artikel ini berawal dari keikutsertaan mereka di Piala Rektor IAIN Surakarta pada tahun 2019 dimana mereka lolos menjadi juara, yang kemudian di follow up dengan mengambil tema yang dekat dengan permasalahan di lingkungan sekitar.

Proses analisis limbah dan percobaan dilakukan di Lab Rintisan Saintek IAIN Surakarta dengan supervisi langsung dilakukan oleh dosen-dosen Ilmu Lingkungan, Annida Unatiq M.Sc, Ardhi R, M.T dan Ronnawan J, M.Si. Limbah batik dipilih karena meskipun Surakarta terkenal dengan industry batik, nyatanya selama ini limbah batik merupakan salah satu permasalahan yang belum terpecahkan. Pemanfaatan limbah batik menjadi sumber energy merupakan jalan pembuka untuk pemanfaatan dalam skala lebih besar dan membuka peluang untuk penelitian-penelitian berbasis kearifan lokal di masa mendatang.

Pemecahan masalah di masyarakat dengan menggunakan pendekatan integrasi sains dan kearifan lokal merupakan salah satu program dari Centre for Science and Technology IAIN Surakarta. Hal ini linier dalam mewujudkan visi IAIN Surakarta yang selama ini diusung. (Gie/ Humas Publikasi)

Baca Juga Link Prosiding: http://sunankalijaga.org/prosiding/index.php/icse/article/view/506

Komentar ditutup.