Bg

Milenial Belajar Jurnalistik

Diterbitkan tanggal 25 November 2019

SINAR- Bertempat di Kec. Tulung, Kab. Klaten sebuah acara digelar yaitu Diklat Jurnalistik (DJ). Merupakan acara yang dipanitiai oleh Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Arjuna dan LPM Pandawa IAIN Surakarta. Sabtu-Minggu (23-24/11).

Acara Diklat Jurnalistik ini bertujuan untuk mengajarkan ilmu jurnalistik kepada setiap peserta agar dapat dengan mudah memahami dan mengaplikasikan ilmu jurnalistik secara maksimal. Selain itu juga untuk menumbuhkan semangat menulis bagi setiap pesertanya.

Pesertanya terdiri dari 25 mahasiswa yang ada di kampus IAIN Surakarta karena pihak panitia sendiri memang membatasi jumlah pesertanya. “Untuk menjadi seorang jurnalis, seseorang diwajibkan bisa menulis, dengan menulis semua menjadi mudah. Adanya diklat jurnalistik ini memfasilitasi kalian untuk berani menulis. Karena ilmu jurnalistik bisa dipelajari oleh siapapun” pemaparan Bayu Tri Pamungkas dalam kata sambutannya sebagai ketua panitia kegiatan diklat jurnalistik dasar.

Para peserta sangat antusias mengikuti materi yang disampaikan oleh:

  1. Abu Nadhif, S. SOS. (Jurnalis Solopos) yang memaparkan mengenai Dasar – dasar Jurnalistik
  2. Faris Isnawan, S.Pd. (Hypnotherapyst) menyampaikan analisis diri, untuk memahami kemampuan diri sendiri.
  3. Faizal Adi Surya, SH. (Demis Litbang LPM Pabelan) menyampaikan tentang teknik reportase
  4. Eddy J. Soetopo (Direktur Eksekutif Institute For Media and Social Studies) yang menyampaikan tentang jenis – jenis berita dan cara penulisannya, disamping itu beliau juga memandu secara langsung praktek penulisan berita dan bedah berita. Jadi, para peserta secara langsung diminta praktek menjadi seorang jurnalis, dan diberikan koreksi oleh beliau.

Acara juga dimeriahkan dengan outbond vaganza, dan sarasehan dengan alumni tentang sejarah berdirinya kedua LPM. (Gie/Humas Publikasi)

Sumber: Sidiq Rahmad (LPM Arjuna FIT)

Komentar ditutup.