Bg

PGRA IAIN Surakarta Dampingi RA/TK Se-Kartasura Menuju Lembaga PAUD yang Berkualitas

Diterbitkan tanggal 11 November 2016

SINAR– Jurusan Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (PGRA) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta mengadakan acara pengabdian masyarakat berupa pendampingan pengajuan akreditasi menuju lembaga PAUD yang berkualitas, Kamis (10/11).

Kegiatan yang dilaksanakan di gedung rektorat lantai 3 tersebut diikuti oleh para Kepala Sekolah dan praktisi TK/RA se-Kecamatan Kartasura.  Drs. Subandji, M.Ag, Ketua Jurusan PGRA mengatakan bahwa kegiatan ini terinspirasi dari visitasi akreditasi yang telah berlangsung dua bulan yang lalu. Meskipun nilai akreditasinya belum keluar, kami berharap akan mendapat nilai yang baik. “Kegiatan ini mengarah pada akreditasi. Berharap TK dan RA di sekitar IAIN Surakarta juga mendapat akreditasi yang baik. Selain itu, pertemuan ini juga sebagai ajang silaturahmi antar TK/RA dengan pihak IAIN Surakarta selaku penyedia guru RA,” terangnya.

Sedangkan Dr. Giyoto, M.Hum dalam sambutannya menyampaikan bahwa kita butuh kesepahaman tentang sebuah layanan yang terstandardisasi. “Akreditasi ini adalah kebijakan pemerintah terhadap masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan. Layanan dan penyelenggaraan pendidikan harus memenuhi standar minimal yang ditetapkan oleh pemerintah,” ujarnya.

Ia berharap agar  penyelenggara layanan kepada peserta didik sebagaimana apa yang dilaporkan. “PAUD ini penting karena sebagai kerangka berpikir pokok generasi selanjutnya,” tegasnya.

Pada kesempatan kali ini, hadir Mila Faila Shofa, M.Pd seorang assesor PAUD Jawa Tengah. Beliau menyampaikan tentang kisi-kisi, instrumen, dan rubrik Akreditasi PAUD. Ada delapan lingkup standar nasional pendidikan, yaitu standar tingkat pencapaian perkembangan Anak (TTPPA), standar isi, standar proses, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian pendidikan. (Yin/ Humas Publikasi) #BanggaIAINSurakarta

Komentar ditutup.