Bg

PKPPN IAIN Surakarta Kenalkan Bekas Situs Keraton Kartasura Melalui Dialog Publik

Diterbitkan tanggal 27 September 2018

SINAR- Pusat Kajian dan Pengembangan Pesantren Nusantara (PKPPN) IAIN Surakarta menggelar Dialog Public di gedung Graha IAIN Surakarta dengan tema “Membincangkan Relasi Islam dan Jawa di Keraton Kartasura”. Acara yang digelar Kamis (27/09) ini diikuti oleh para mahasiswa IAIN Surakarta dari berbagai program studi.

Diskusi bermula dari kegelisahan yang dialami, melihat banyak mahasiswa yang tidak paham mengenai situs keraton kartasura, yang terletak tidak jauh dengan kampus IAIN Surakarta. Melihat fenomena tersebut PKPPN berinisiatif untuk menyelenggarakan diskusi ini.

Dalam diskusi ini, narasumber yang dihadirkan merupakan tokoh keraton kartasura BRM. Bambang Irawan, M.Si. yang didampingi oleh Dr Islah Gusmian , M.Ag selaku salah satu dosen IAIN Surkarta yang juga merupakan peneliti manuskrip dan praktisi sejarah.

Bambang Irmawan sendiri merupakan keturunan Pakubuwono X. Beliau sudah tinggal di keraton kartasura hampir 31 tahun lamanya. Saat ini keraton kartasura sudah tidak ada, yang ada adalah peninggalan bekas sisa keraton. Walapun begitu sebagai akademisi diharapkan kita harus tau apabila pernah ada keraton kartasura yang telah berpindah di surakarta dan menjadi keraton surakarta pada saat ini, ungkapnya.

Dengan menghadirkan narasumber langsung dari tokoh keraton beserta praktisi sejarah tersebut diharapkan bisa menginfomasikan kepada peserta mengenai keraton kartasura serta relasi islam dan jawa yang ada di keraton kartasura. (Zat-MgPut/HumasPublikasi) #BanggaIAINSurakarta #SuksesAPT-A

Komentar ditutup.