Bg

PKPPN IAIN Surakarta Susun Panduan Moderasi Beragama Untuk Siswa RA dan Madrasah

Diterbitkan tanggal 3 Juli 2020

SINAR- IAIN Surakarta turut memberikan sumbangan berharga bagi dunia pendidikan Indonesia. Sumbangan ini berbentuk Buku Panduan Moderasi Beragama (Download DISINI). Buku ini disusun bersama para guru yang disusun sebagai penggabungan antara pengetahuan dan langkah-langkah praktis terkait penguatan moderasi beragama.Melalui Pusat Kajian dan Pengembangan Pesantren Nusantara (PKPPN) IAIN Surakarta dan guru-guru yang turut menyusunnya, modul ini kini diterbitkan oleh Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI. Download Buku lainnya DISINI.

“Modul Moderasi Beragama untuk siswa RA dan madrasah siap digunakan tahun ajaran ini yang akan dimulai pada 13 Juli 2020,” terang Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah A Umar di Jakarta, Jumat (03/07). Dr. Umar menambahkan bahwa modul ini hadir sebagai panduan guru dalam rangka memperkuat karakter moderat siswa. Pengetahuan nilai moderasi yang terinternalisasi dan mewujud dalam sikap dan karakter siswa penting dikenalkan sejak dini dalam rangka merawat Kebhinekaan Indonesia.

Lebih lanjut, Direktur PKPPN-IAIN Surakarta, M.Zainal Anwar menjelaskan bahwa modul ini dapat menjadi instrumen pembelajaran generasi muda Indonesia agar memiliki karakter moderat dan bermental kuat, tidak mudah menyerah dan optimis menghadapi tantangan zaman. Di dalam modul ini, terdapat tujuh topik yang menjadi elemen pokok dari moderasi beragam, yaitu pembangunan karakter moderat, pengenalan kebangsaan, berlaku adil terhadap sesama, menjaga dan menjalin persaudaraan, bersikap santun dan bijak serta menjadi pribadi inovatif, kreatif dan mandiri. “Topik-topik ini ditulis dengan menyesuaikan sasaran, yakni level RA-MI dan level MTs-MA,” jelasnya.(Gie/Humas Publikasi)

Komentar ditutup.