Bg

Selain Srikandi Fella, Arjuna Bidikmisi IAIN Surakarta Yang Telah Menyabet Gelar Duta Genre Sukoharjo 2020 Adalah Ilham

Diterbitkan tanggal 2 Juli 2020

SINAR- Namanya adalah Ilham Adhi Syahputra, Lahir di Sukoharjo, 5 Maret 2001, ia bertempat tinggal di desa Kudu RT 2 RW 2 Kudu Baki, Sukoharjo. Ia adalah anak ketiga dari tiga bersaudara, buah dari pasangan Joko Prihatin dan Sri Dadi. Ilham adalah panggilan akrabnya, ia terlahir di keluarga yang sangat sederhana, Ayahnya seorang kuli bangunan dan ibunya seorang pelayan di warung makan.
Semenjak kecil, Ilham terbiasa diajarkan dengan karakter diri yang harus dipertahankan. Penonjolan karakter dalam diri sudah dibuktikan Ilham sejak duduk dibangku SD, ia sering diajukan lomba mewakili sekolahnya baik dalam akademik maupun non akademik.

Sampai pada akhirnya, baru-baru ini, Ia memenangkan duta Genre (Generasi Berencana) tingkat Kabupaten Sukoharjo tahun 2020. “Sejak saya diputuskan untuk menjadi perwakilan Kecamatan Baki dalam ajang pemilihan duta genre, hal yang selalu saya tekankan adalah karakter yang ada pada diri saya, apapun itu, seperti jiwa kepemimpinan, hingga optimisme yang selalu saya bawa. Sampai pada saat test wawancara, saya menekankan pada dewan juri bahwa saya itu adalah pemuda berkarakter dan berbeda dari pemuda lain.”

Menurut Ilham, karakter merupakan bagian dari dalam diri yang patut dibanggakan, bukan sombong tetapi lebih kepada nilai untuk menginspirasi. Ia menekankan bahwa karakter yang ada pada para pemuda itu sangat unik, apapun bakat dan keterampilannya pemuda itu adalah mutiara bagi dirinya dan bisa mempengaruhi orang disekitarnya. Bahkan, Ketika ia berpidato dalam grand final Duta Genre, ia sempat mencuplik perkataan bung Karno untuk membakar semangat para pemuda yang berbunyi “Beri aku 1000 orang tua niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya, beri aku 10 pemuda niscaya akan kugoncangkan seluruh dunia” hal itu yang membuat dewan juri menaruh perhatian bahwasanya Ilham merupakan pemuda yang berkarakter.

Bagi Ilham Duta Genre merupakan amanah sekaligus tempat untuk menunjukkan karakter yang ada dalam diri khususnya pemuda, ia berpesan “para remaja, kalian itu berharga, galilah karakter yang ada pada diri dan tunjukkan bahwa kalian itu bisa dengan karakter istimewa. Tambahlah dengan pendidikan dan bakat yang kalian punya, niscaya sukses akan menanti dimasa depan”. (Gie/ Humas Publikasi)

Komentar ditutup.