Bg

Sekjen Kemenag RI Dukung IAIN Surakarta Menjadi BLU

Diterbitkan tanggal 6 November 2020

SINAR- Sekjen Kemenag RI Prof. Dr. H. Nizar Ali mendukung IAIN Surakarta menjadi perguruan tinggi yang berbasis Badan Layanan Umum (BLU). Hal tersebut dikatakan saat menjadi narasumber dalam FGD penyusunan rencana strategis bisnis pada Jumat (6/11).

Prof. Nizar mengatakan bahwa dengan menjadi BLU akan memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah terkait elastisitas pengelolaan keuangan. Mengenai teknis pelaksanaannya, Ia menekankan untuk disusun analisis bisnis sebagai dasar pelaksanaan strategi bisnis BLU.

Dengan menjadi BLU, tata kelola kampus akan menjadi lebih mandiri dan otonom serta seluruh penerimaan non pajak bisa dikelola secara otonomi, pungkasnya.

Senada dengan Sekjen, dengan alih status menjadi BLU kampus akan didorong untuk melakukan pelayanan dan efisiensi sebaik-baiknya, terang Rektor IAIN Surakarta, Prof. Dr. H. Mudofir.

Dalam kesempatan tersebut pula, Rektor mengucapkan terimakasih untuk jajaran pimpinan di Kementerian Agama RI yang telah mendorong dan memotivasi IAIN Surakarta untuk bertransformasi menjadi BLU. Semoga BLU di IAIN Surakarta dapat berjalan dengan baik, harapnya.

Sementara itu, Kepala Biro Keuangan & BMN Sekretariat Jenderal Kementrian Agama RI, H. Mohammad Ali Irfan, SE, MM, M. Ak yang turut hadir dalam FGD selaku narasumber menyampaikan terkait pengelolaan keuangan & optimalisasi BLU. Ia juga menekankan pentingnya menanamkan mindset pengusaha, bukan hanya akademik ketika mengelola BLU.

Sebagai penutup, Kepala Subbagian Penatausahaan Penerimaan Negara Bukan Pajak & BLU, Liliek Zahrina, S. Sos. menjelaskan mengenai kewajiban satker yang dilakukan setelah menjadi BLU. (Gie/Humas Publikasi)

Komentar ditutup.