Bg

Workshop Peningkatan Kompetensi Tutor TOSE dan TOSA

Diterbitkan tanggal 17 Januari 2020

SINAR- UPT Pusat Pengembangan Bahasa IAIN Surakarta mengadakan Workshop Peningkatan Kompetensi Tutor Bahasa Asing dengan tajuk Metode Pengajaran TOSE Preparation dan TOSA Preparation. Acara yang dibuka oleh Wakil Rektor I IAIN Surakarta, Dr. Imam Ma’ruf, M.Pd. Acara ini diselenggarakan pada tanggal 15-16 Januari 2020 lalu, dan diikuti oleh sekitar 50 tutor bahasa Inggris serta 50 tutor bahasa Arab yang mengajar di UPT P2B IAIN Surakarta.

Dalam sambutannya, Kepala UPT P2B, Supandi, M.Ag., mengatakan bahwa acara ini merupakan sebuah upaya academic refreshment dalam rangka mempersiapkan para tutor yang akan mengajar di tahun ajaran baru mulai tanggal 20 Januari 2020. Sementara itu, Wakil Rektor I berharap bahwa para tutor dapat mengajar dengan metode terkini yang diminati mahasiswa sehingga kompetensi bahasa asing mahasiswa dapat terasah, baik dalam mengerjakan soal TOSE dan TOSA maupun dalam aspek komunikatifnya.

Di hari pertama, acara ini menghadirkan 2 narasumber pengajaran TOSE dari Universitas Sebelas Maret Surakarta. Agus Dwi Priyanto, M.CALL., membawakan materi mengenai pengajaran Structure, Written Expression, dan Reading dengan menggunakan beragam aplikasi berbasis web maupun android. Sementara itu, di sesi ke dua, Dr. Ida Kusuma Dewi, M.A., berbicara mengenai variasi pengajaran Listening yang tidak hanya terpaku pada tugas di kelas saja tetapi juga pemberian tugas agar mahasiswa terbiasa mendengar audio berbahasa Inggris.

Dosen Ma’had Abu Bakar UMS yang juga pengajar di IAIN Surakarta, Farkhan, Lc., M.A., hadir pada hari kedua dengan materi pengajaran Qiraah dan Qawaid yang tidak hanya memusatkan pada aktivitas tutor saja tetapi juga pada mahasiswa (student-centered learning). Di sesi kedua, dosen UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Dr. Muhajir, M.SI., hadir dengan beragam variasi strategi pengajaran aktif yang dapat diterapkan pada pengajaran Istima’.

Kepala UPT P2B menyampaikan bahwa UPT P2B berkomitmen senantiasa meningkatkan kualitas Test of Standard English (TOSE) dan Test of Standard Arabic (TOSA) sehingga kegiatan ini akan segera ditindaklanjuti dengan workshop pengembangan materi ajar dan juga penyusunan soal tes standard bahasa asing berbasis computer (computer based test/CBT). (Gie/Humas Publikasi)

Sumber: Ikke Dewi Pratama

Komentar ditutup.