Bg

Lima Rekomendasi Dihasilkan Dalam Expose Hasil Survei Tracer Study IAIN Surakarta

Diterbitkan tanggal 16 Februari 2016

foto tracer study editSINARTracer Study atau yang sering disebut sebagai survei alumni adalah studi mengenai lulusan lembaga penyelenggara pendidikan tinggi. Studi ini menyediakan berbagai informasi yang bermanfaat bagi kepentingan evaluasi hasil pendidikan tinggi dan selanjutnya dapat digunakan untuk penyempurnaan dan penjaminan kualitas lembaga pendidikan khususnya dalam hal ini yaitu Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta.

Tracer Study IAIN Surakarta telah dilaksanakan pada tanggal 11-28 Desember 2015 dan hasilnya telah diekspose tanggal 16 Februari 2016. Adapun jumlah responden dalam studi ini diwakili lebih kurang 30% atau 528 alumni dari total jumlah alumni S-1 tahun 2012-2014 yang berjumlah 1.758 alumni.

Tujuan dari Tracer Study ini adalah untuk mengetahui kiprah alumni serta menjalin komunikasi secara kontinyu dan up to date, mengidentifikasi profil kompetensi dan ketrampilan lulusan, mengetahui relevansi pelaksanaan kurikulum dan kebutuhan pasar kerja, menjadikan bahan evaluasi dan pengembangan program IAIN Surakarta, serta memenuhi kriteria akreditasi BAN-PT, ungkap Dr. Mudofir, M.Pd., Rektor IAIN Surakarta.

Dari hasil pelaksanaan Tracer Study tersebut dihasilkan beberapa rekomendasi, antara lain: (1) Peningkatan suasana akademik, sarana prasarana dan layanan administratif kepada mahasiswa, (2) Dibutuhkan Career Centre untuk memfasilitasi alumni atau calon alumni dalam hal informasi pekerjaan, (3) Peningkatan pembekalan pengetahuan tentang Islam, akhlak dan kejujuran, pengetahuan umum, kemampuan kerjasama tim, kemampuan adaptasi, keterampilan komunikasi lisan dan tulis, pemberdayaan masyarakat, kemampuan bahasa asing, manajemen organisasi, dan kemampuan pengembangan diri, (4) Menjadikan organisasi kemahasiswaan menjadi kegiatan utama di luar kegiatan akademik, (5) Menghidupkan dinamic group untuk meningkatkan kapasitas interpesonal skill di kalangan mahasiswa.(Gus/Humas Publikasi).

Komentar ditutup.