Bg

Mahasiswa FEBI Raih Best Second Papper Symposium

Diterbitkan tanggal 9 April 2018

SINAR- Senin (9/4) tiga mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Surakarta meraih prestasi Best Second Papper Symposium dalam acara Temu Ilmiah Nasional yang diselenggarakan oleh FoSSEI di Universitas Islam Negeri Sumatra Utara dari tanggal 25-29 Maret 2018. Lulu Syifa Pratama, Hani Wahyu Nugroho, dan Anisa Nuril Fajriah berhasil mengalahkan peserta lain dari sekitar 50 universitas se Indonesia.

Dalam simposium yang bertema Optimizing Socio-Techno Finance For Small and Medium Enterprises (SMEs) Development, Lulu dan kawan-kawan mempresentasikan karya ilmiah hasil riset mereka yang berjudul E-WAPRO: Aplikasi Wakaf Produktif Sebagai Inovasi Platform Pembiayaan Menuju Sustainabilty UMKM di Indonesia. E-WAPRO merupakan platform pembiayaan untuk UMKM yang berbasis wakaf produktif (Cash Waqf). Aplikasi ini merupakan inovasi bagi lembaga wakaf dalam melakukan penghimpunan, pengelolaan, dan penyaluran dana wakaf untuk pembiayaan UMKM dengan sistem sustainability menggunakan akad Qordul Haran.

Saat ditemui tim media Humas IAIN, Lulu Syifa menyampaikan bahwa saat ini wakaf di Indonesia masih minim pengelolaan, wakaf belum digunakan secara produktif dan masih banyak wakaf yang dikelola secara konsumtif. Sebagai peneliti Lulu Syifa berharap kedepanya aplikasi ini terus dikembangkan. Lulu menyampaikan, “E-WAPRO juga mendapat dukungan penuh oleh Badan Wakaf Indonesia cabang Sumatra Utara, harapanya stakeholder-stakeholder yang menjadi bagian untuk mewujudkan UMKM yang lebih maju untuk membantu dalam mengembangkan aplikasi kita ini. Sehingga kedepanya Indonesia memiliki financial technology (fintech) yang berbasis phylantrophy Islam. Khususnya sebagai pembiayaan UMKM yang lebih produktif dan nantinya harapan kita wakaf-wakaf di Indonesia yang sudah ditampung dapat disalurkan ke arah-arah yang lebih produktif.” (MgSha/Humas Publikasi) #BanggaIAINSurakarta

Edit: JnR

Komentar ditutup.