Bg

Mahasiswa KPI IAIN Surakarta Lestarikan Budaya Melalui Tembang Jawa

Diterbitkan tanggal 4 Mei 2019

SINAR- Mahasiswa jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FUD) IAIN Surakarta menggelar sebuah acara yang yang mengusung tema “Tresna Tembang Jawa” (suka atau cinta lagu Jawa). Acara tersebut diusung oleh mahasiswa KPI yang tergabung dalam Broo Event Organizer, sebuah kelompok kecil yang terbentuk untuk memenuhi tugas akhir mata kuliah EO.


Dalam tugas EO kali ini dibuat acara dengan konsep perlombaan yang bertujuan untuk “nguri-nguri kabudayan” dalam bahasa indonesia memiliki arti melestarikan atau merawat kebudayaan, yang dalam hal ini adalah budaya jawa. Acara ini diikuti oleh peserta dari mulai dari tingkatan SMP, SMK/SMA sampai tingkat Mahasiswa di Kota Surakarta.


“Jadi kami ingin anak-anak muda di Surakarta bisa mencintai, mengerti, bahkan hafal lagu-lagu jawa yang mana ini merupakan salah satu keragaman seni musik yang ada di Indonesia dan menjadi aset Negara”, ucap Andini Ketua Event. Bekerjasama dengan Kelurahan Mangkubumen Surakarta, Lomba Musik Tradisonal diadakan pada Sabtu, (4/5) di Sasono Krido Warga Mangkubumen, Banjarsari, Surakarta.
Bertindak sebagai juri yaitu Bapak Rudy Hidayat, S.Psi., M.Si. dan Bapak Isnin Sholihin.

Para peserta menampilkan berbagai macam aransemen musik tradisional dengan gaya mereka masing-masing, mereka berusaha tampil semaksimal mungkin untuk memikat para juri. Keluar sebagai pemenang juara 1 dari SMK Muhammadiyah 3 Surakarta, kemudian disusul oleh band kandang doro dari Universitas Sebelas Maret (UNS) dan yang terakhir juara 3 adalah IAIN Surakarta.(Zat/ Humas Publikasi)

Sumber: Zakiyatus Sholihah

Komentar ditutup.