Bg

Melatih Kewirausahaan Dengan Bazarlicous

Diterbitkan tanggal 21 Oktober 2021

SINAR- UKK KOPMA Mahayuning Bawono UIN Raden Mas Said Surakarta mengadakan kegiatan Bazarlicious. Bazarlicious digelar sebagai wahana pelaihan bagi para anggota KOPMA untuk berwirausaha, mengatur keuangan, dan bekerjasama dalam tim.

Kegiatan ini diselenggarakan selama satu minggu,10 – 17 Oktober 2021. Kegiatan ini merupakan program kerja dari bidang usaha sendiri, yang masih menjadi rangkaian acara pendidikan dasar (DIKSAR) yang diadakan setiap tahunnya untuk para anggota baru KOPMA Mahayuning Bawono.

Kegiatan bazar ini kurang lebih diikuti oleh 300 anggota KOPMA. Pada hari pertama kegiatan bazar ini dimulai dengan sambutan dari ketua panitia yaitu Amalia Fitriana Nur Utami, dilanjutkan dengan sambutan ketua umum KOPMA yaitu Putri Badiah, dan yang terakhir sambutan dari bapak P.R. Rudi Hartono, A.KS selaku pembina dari KOPMA Mahayuning Bawono.

Sebelum mengikuti bazar anggota KOPMA wajib sudah mengikuti Pendidikan Dasar (DIKSAR) dan dinyatakan lolos. Anggota yang telah dinyatakan lolos akan mengikuti bazar yang akan dibagi kedalam beberapa kelompok. Dalam satu kelompok sendiri kurang lebih terdiri dari 14 anggota.

Dikarenakan adanya pandemi maka bazar tahun ini dilakukan secara online dengan harapan para anggota dilatih untuk bisa berjualan dari rumah masing-masing. Adapun, barang yang dijual pun bermacam-macam seperti brownis, telur asin, keripik usus, hampers, buket, dll. Dan, praktik berjualan ini sudah tidak asing lagi karena dari peserta yang memang telah memiliki usaha jauh sebelum kegiatan ini dilaksanakan.

Terdapat sedikit perbedaan dari bazar yang sebelumnya yaitu pada kali ini anggota diajak untuk mempromosikan & menjual produk dari salah satu unit usaha kopmart secara yaitu Kopmart Cell.

Unit usaha dari KOPMA Mahayuning Bawono berjumlah 4 yaitu kopmart, kopmart mb cell, kopma mb marchandise, & kopmart mb catering. Adapun, unit usaha yang telah dijalankan secara offline yaitu kopmart yang telah memiliki toko. Toko ini terletak di menara samping student center lt. 1. Dan, untuk yang lainya unit usahanya dijalankan secara online maupun offline.

Selama kegiatan bazar berlangsung para peserta tidak hanya dilatih berwirausaha melainkan juga dilatih dengan mengikuti berbagai perlombaan secara perkelompok. Adapun, jenis lombanya dimulai dari lomba pamflet, lomba tiktok, dan juga lomba pensi. Dalam lomba pamflet para peserta harus mempromosikan jualan dari kelompok masing-masing, kemudian, untuk lomba tiktok peserta harus mempromosikan produk-produk yang ada di Kopmart Cell. Sedangkan, untuk pensi peserta bebas ingin menampilkan apapun. Kegiatan ini ditutup dengan pengumuman pemenang dari masing-masing lomba dan juga prakata dari ketua umum KOPMA dan juga ketua panitia. Penutupan bazar ini dilakukan secara online melalui zoom (Nughy/ Humas Publikasi)

Sumber: Nia Nur Latifah (UKK Kopma Mahayuning Bawono)

Komentar ditutup.