Bg

Satuan Pengawas Internal Optimalkan Pengisian Data E-SMS

Diterbitkan tanggal 16 September 2021

SINAR – Kamis (16/9) bertempat di Ruang Sidang Senat, Satuan Pengawasan Internal (SPI) UIN Raden Mas Said Surakarta mengadakan Diskusi dan Pengkoordinasian tentang Pengisian Data E-SMS.

E-SMS atau Electronic-Strategic Management System merupakan sebuah aplikasi yang digunakan sebagai dasar evaluasi dan pemeringkatan online yang dilakukan Diktis Kementerian Agama sejak tahun 2018. Indikator kinerja yang terdapat di E-SMS telah menggunakan berbagai referensi seperti BAN-PT, AUN-QA dan ISESCO bahkan indikator pemeringkatan bertaraf international seperti THE dan QS-WRU.

Kepala SPI, Dr. Muh. Nashiruddin, S.Ag., M.A, mengungkapkan bahwa diadakannya acara ini adalah sebagai upaya mengoptimalkan pengisian E-SMS yang terdiri dari banyak aspek di dalamnya.

Dengan adanya koordinasi dan pengarahan bagi jajaran pimpinan diharapkan ke depan pengisian E-SMS akan lebih tepat dan sejalan dengan tujuan yang ingin dicapai oleh lembaga, tambahnya. Hal ini mengingat aspek-aspek penilaian E-SMS juga berkaitan dengan kepentingan akreditasi dan upaya peningkatan mutu akademik serta pelayanan di lingkungan kampus.

Turut hadir membuka acara tersebut Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Dr. Imam Makruf, S.Ag., M.Pd., yang turut mengamini pentingnya pengisian E-SMS sebagai tolok ukur capaian kinerja kampus, lebih khusus tiap fakultas, lembaga, maupun unit di dalamnya.

Dr. Imam Makruf mengungkapkan bahwa hasil evaluasi E-SMS sebelumnya memang menunjukkan peningkatan, walau kampus lain juga meningkat. “Oleh karenanya ini bisa menjadi motivasi bagi kita untuk terus berusaha lebih baik,” ungkapnya. (Atn/Humas Publikasi)

Komentar ditutup.