Bg

Siapkan Generasi yang Kokoh dan Mandiri di Era Digital, HMPS TBI Bangun Sinergi dengan Mahasiswa Baru

Diterbitkan tanggal 11 September 2021

SINAR- Himpunan Mahasiswa Program Studi Tadris Bahasa Indonesia (HMPS TBI) sukses menyelenggarakan sarasehan dengan mahasiswa baru bertema “Satukan Ambisi, Tingkatkan Motivasi Menuju TBI yang Bersinergi” pada Sabtu, 11 September 2021. Melalui acara ini, HMPS TBI berharap mahasiswa dapat menjalankan peran dan kontribusinya secara maksimal, sehingga dapat bersinergi membangun Prodi TBI.

Meski tergolong prodi baru, namun Prodi TBI telah menciptakan lulusan yang luar biasa. Kini lulusan TBI telah tersebar di berbagai lembaga pendidikan maupun nonkependidikan. Berdasarkan hasil survei terhadap kepuasan stakeholder, masing-masing dari mereka menyatakan bahwa lulusan TBI mampu bekerja secara profesional sesuai dengan keilmuan yang dimiliki. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswan dan Kerjasama FAB, Prof. Dr. H. Sujito, M.Pd.

Pencapaian yang telah diraih Prodi TBI tentu tidak dapat dilepaskan dari sinergi berbagai pihak baik itu dosen, mahasiswa, maupun fakultas. Dalam mempertahankan dan meningkatkan kualitas tersebut, Kaprodi TBI, Dr. Siti Isnaniah, M.Pd, memberikan pembekalan pada mahasiswa baru terkait aktualisasi potensi diri yang meliputi spiritual, fisik, pikiran, dan kecenderungan. Potensi tersebut dapat dikembangkan melalui keterlibatan mahasiswa dalam berbagai organisasi yang telah ditawarkan kampus. Secara tidak langsung, pengembangan diri akan berpengaruh pada peningkatan kualitas profil lulusan TBI sebagai pendidik pemula, peneliti pemula, dan wirausahawan, sebab tidak semua ilmu diperoleh melalui bangku kuliah. Di sisi lain, mahasiswa TBI juga berpeluang untuk menjadi jurnalis, penyiar, editor, instruktur BIPA, penulis buku ajar BI, pengembang program pembelajaran BI berbasis TI, dan lain sebagainya.

Sarasehan dilanjutkan dengan ramah tamah, masing-masing dosen TBI memperkenalkan diri beserta menyampaikan mata kuliah yang diampu pada semester ini. Seperti pepatah yang menyatakan bahwa “tak kenal maka tak sayang” maka pada kesempatan tersebut menjadi momen pertama kalinya mahasiswa baru mengenal seluruh dosen TBI beserta struktur kepengurusan yang ada di dalamnya. Kesan ini diharapkan dapat memberikan semangat, tekad, dan motivasi yang kuat dalam diri mahasiswa baru untuk menimba ilmu di Prodi TBI, UIN Raden Mas Said Surakarta. (Nughy/ Humas Publikasi)

Sumber: Tiya Agustina

Komentar ditutup.