Bg

UKM JQH Al Wustha Berpartisipasi Dalam Lomba Kaligrafi Nasional Di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Diterbitkan tanggal 17 April 2016

SINAR – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Jam’iyyah  Al-Qurra’ Wa Al-Huffazh (JQH) Al-Wustha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta berpartisipasi dalam Lomba Kaligrafi Nasional yang diadakan oleh UKM Seni Religius UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang, Sabtu (16/4).

Puji Lestari, Ahmad Mudhofir dan Naufal Rey Sigma F. M merupakan 3 delegasi yang dikirim oleh UKM JQH Al-Wustha devisi Kaligrafi. Mereka menggoreskan kuas dan cat dengan sangat terampil dalam ajang yang bergengsi ini. Perlombaan diikuti oleh sekitar 45 peserta dari seluruh wilayah di Nusantara dengan 2 kategori yakni kaligrafi kontemporer dan mushaf. Acara ini diselenggarakan untuk memperingati Dies Natalis Maulidah UKM Seni Religius UIN Maliki, Malang dengan tema “Memperkokoh Peradaban Islam di Nusantara Melalui Goresan Kaligrafi”. Meskipun pada akhirnya delegasi IAIN Surakarta belum bisa membawa pulang tropi kemenangan namun mereka telah mendapatkan sebuah pengalaman yang berharga.

Pada hari selanjutnya, Ahad (17/4), bertempat di Gedung Humaniora UIN Maliki peserta dikumpulkan untuk mengikuti Workshop Kaligrafi Nasional yang diisi oleh kaligrafer internasional KH. M Faiz Abdul Razzaq, Lc seorang penulis Mushaf Istiqlal yang sangat diakui keindahan karyanya di kancah dunia. Kiai Faiz adalah putra dari pioneer khat Indonesia KH. Muhammad Abdul Razaq (Alm.). Usia beliau yang sudah 79 tidak mengurangi semangat dan kualitas tulisannya. Pemateri selanjutnya adalah Dr. Ali Akbar, seorang peneliti kaligrafi. Pada kesempatan yang sangat berharga, Naufal Rey dan Ahmad Mudhofir mendapatkan kesempatan untuk naik ke atas podium dan mengoreksikan hasil tulisannya di hadapan  Kiai Faiz. (Yin/ Humas dan Publikasi)

Komentar ditutup.