Bg

Arsiparis IAIN Surakarta Wakili Kemenag dalam Pemilihan Arsiparis Tingkat Nasional

Diterbitkan tanggal 7 Agustus 2015

SINAR – Untuk menjadi Arsiparis Teladan Kementerian Agama (Kemenag), Isti’lamah Laili, S.Sos, mengawalinya dengan ikut serta dalam pemilihan arsiparis teladan Kemenag yang dilaksanakan di Wisma Tugu, Bogor, Jawa Barat, 25-26 Juni lalu. Pemilihan ini mengusung tema “Dengan Pemilihan Arsiparis Teladan Tingkat Instansi Kementerian Agama, Kita Tingkatkan Pengetahuan, Kemampuan dan Ketrampilan di Bidang Kearsipan”. Pemilihan ini sendiri diselenggarakan oleh Biro Umum Sekertaris Jendral Kementrian Agama RI. Sebagai langkah awal untuk mencetak arsiparis-arsiparis muda yang mampu menjadi tauladan di satuan kerja (Satker) masing-masing.

Istilamah LailiDalam lomba itu Isti (begitu panggilannya) harus menyisihkan banyak peserta dari berbagai satker, baik dari pusat maupun daerah. Hingga kemudian terpilih menjadi 14 peserta terbaik, dan kemudian keluar menjadi yang terbaik.

Dalam wawancaranya dengan redaksi, Isti menyampaikan rasa syukur dan bangga bisa menjadi arsiparis terbaik Kemenag untuk kategori tingkat ahli. Apalagi bisa membawa nama Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta sebagai salah satu Satker yang memiliki proses dan data kearsipan yang terbaik di lingkungan Kemenag. Akan tetapi semua itu tidak bisa dicapai tanpa dukungan dari pimpinan dan rekan-rekan yang lain di IAIN Surakarta. Harapannya semoga hal ini bisa menjadikan semangat dalam bekerja lebih untuk kepentingan dan kemajuan lembaga.

Sebenarnya tidak ada persiapan khusus untuk mengikuti pemilihan ini, hanya menyiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan kearsipan dan hal itu memang sudah biasa dilakukan setiap harinya. Sehingga 4 tahapan kriteria penilaian pun berhasil dilalui dengan baik seperti Administrasi, Pengetahuan Kearsipan, Keterampilan Kearsipan, dan terakhir tentang sikap, pungkasnya.

Sebagai Arsiparis teladan di tingkat Institusi Kemenag, maka Isti secara otomatis berhak mewakili Kemenag untuk mengikuti Lomba Arsiparis Tingkat Nasional yang diikuti oleh kementerian dan Lembaga Tinggi Negara lainnya yang diselenggarakan oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). (Muntaha)

Komentar ditutup.