Bg

IAIN Surakarta Mengadakan Pelatihan Dosen Muda

Diterbitkan tanggal 17 April 2015

SINAR – Puluhan dosen muda di lingkungan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta mengikuti seminar tentang metodologi penelitian yang berbasis pada masyarakat, yang diadakan oleh Lembaga Peneltian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M), IAIN Surakarta, pada Rabu-Kamis (16-17/4). Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari ini mendatangkan Ahmad Mahmudi, SH., dan Rohadi, S.Pt., dari Lembaga Pengembangan Teknologi Pedesaan (LPTP) Surakarta sebagai narasumber.

Pengabdian Masy. Berbasis PARKegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Rektor IAIN Surakarta, Dr. H. Imam Sukardi. Dalam sambutannya Imam menjelaskan, tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk mendidik dan memberi pembekalan bagi para dosen muda di lingkungan IAIN Surakarta sehingga kedepan dapat menjalankan amanah dengan baik ketika menjadi dosen pembimbing lapangan dalam kegiatan KKN Mahasiswa.

Sementara itu secara global dalam kegiatan ini mengupas secara rinci mengenai metodologi peneltian yang berbasis pada masyarakat, yang mana metodologi ini diyakini dapat memberikan informasi dan hasil peneltian yang kontekstual mengingat para peneliti terjun langsung ditengah masyarakat dengan mempelajari dan mengamati segala sesuatu yang ada ditengah-tengah masyarakat, ungkap Mahmudi dalam paparan materinya.

Selanjutnya Rohadi menjelaskan beberapa metode penelitian yang berbasis pada masyarakat. Pertama, Participatory Action Research (PAR), yaitu merupakan penelitian yang melibatkan secara aktif pihak-pihak yang relevan (stakeholders) dalam mengkaji tindakan yang sedang berlangsung. Kedua, Participatory Rural Appraisal (PRA), adalah sebuah metode pemahaman lokasi dengan cara belajar dari, untuk, dan bersama masyarakat. (Mahendra)

Komentar ditutup.